Andik Gagal Penalti, Timnas U-23 Batal ke Final

Sabtu, 20 Oktober 2012 - 17:20 wib | Achmad Firdaus - Okezone

Timnas U-23 saat tampil di SEA Games (Foto: Okezone) Timnas U-23 saat tampil di SEA Games (Foto: Okezone) SOLO - Timnas Indonesia U-23 harus gagal melaju ke final Batik Cup usai dikalahkan Persis Solo Selection. Garuda Muda yang sempat unggul 2-0, akhirnya harus menyerah 7-6 lewat drama adu penalti, setelah Andik Vermansyah yang jadi algojo terakhir gagal mencetak gol.

Bermain di Stadion Manahan Solo, Sabtu (20/10/2012), Timnas U-23 mendapat suntikan amunisi dengan bergabungnya tiga pemain yang sebelumnya dipanggil timnas senior, yakni Hendra Adi Bayauw, Rasyid Bakrie dan Andik Vermansyah. Pelatih Aji Santoso langsung menurunkan dua diantaranya, yakni Bayauw dan Rasyid sejak menit awal.

Kehadiran Rasyid di tengah dan Bayauw di sisi sayap lapangan membuat skuad Garuda Muda mampu tampil dominan. Sementara itu, Persis Solo Selection yang dilatih Eduard Tjong lebih banyak membahayakan gawang Aji Saka lewat serangan balik.

Setelah terlibat jual beli serangan, Timnas U-23 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-32. Bek Abdul Rahman sukses merobek jala gawang Persis yang dikawal I Komang Putra, lewat tendangan dari jarak dekat.

Unggul 1-0, permainan Timnas U-23 kian efektif. Hasilnya, pada menit ke-44, Fandy Eko Utomo sukses menambah keunggulan Skuad Garuda Muda. Dua kali tendangan yang dilepaskannya akhirnya tak kuasa dibendung I Komang Putra, sekaligus menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0 untuk Timnas U-23 yang diproyeksikan untuk ajang SEA Games 2013, Myanmar.

Di babak kedua, pertandingan masih berlangsung menarik. Persis Solo Selection yang mendapat dukungan penuh Pasoepati yang memadati Stadion Manahan, mulai balik menekan Timnas U-23. Skuad besutan Eduard Tjong ini mulai sering merepotkan barisan belakang Timnas U-23, yakni kini telah diperkuat Andik yang masuk di pertengahan babak kedua.

Usaha keras para pemain Persis akhirnya membuahkan hasil di menit ke-80. Yusuf sukses memaksimalkan bola yang mengarah kepadanya di depan gawang dan kemudian melepaskan tembakan membobol gawang Timnas U-23. Sukses memperkecil kedudukan menjadi 1-2, Persis kian semangat mengejar ketertinggalan. Dan puncaknya, Persis sukses menyamakan kedudukan lewat gol Agus Jeno di menit ke-86, sekaligus memaksakan hasil imbang 2-2.

Dengan tidak diberlakukannya babak perpanjangan waktu, maka pemenang duel ini langsung ditentukan lewat adu penalti. Skuad Garuda Muda sempat tampil meyakinkan ketika empat algojonya, yakni Saiful Indra Cahya, Kurniawan Karma, Fandy Eko Putra dan Agung Prasetyo sukses mengecoh I Komang Putra. Sayang, Andik yang jadi algojo terakhir gagal menuntaskan tugasnya, setelah sepakannya membentur tiang. Sementara itu, lima algojo Persis tak ada yang gagal mengeksekusi bola.

Dengan kemenangan 7-6 (2-2, 5-4), Persis Solo Selection pun berhak melaju ke final Batik Cup. Di parpai puncak, besok, Agus Jeno dkk akan berhadapan dengan Persiba Bantul yang pada laga kemarin, sukses menundukkan tim Divisi Utama Selection U-23 dengan skor tipis 2-1. (acf)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

Facebook Comment List

BACA JUGA »