Share

Ternyata Ini Alasan Banyak Klub Indonesia Berawalan Per

Cita Najma Zenitha, Jurnalis · Senin 20 Maret 2023 22:28 WIB
https: img.okezone.com content 2023 03 20 49 2784676 ternyata-ini-alasan-banyak-klub-indonesia-berawalan-per-qAJasfxsbO.jpg Ternyata ini alasan banyak klub Indonesia berawalan Per (Foto: PT LIB)

TERNYATA ini alasan banyak klub Indonesia berawalan Per menarik untuk dikulik. Penggemar sepakbola tentu sudah tidak asing dengan nama klub sepakbola yang berawalan “Per” seperti Persib Bandung, Persita Tangerang, Persija Jakarta, dan lainnya.

Kata “Per” di awalan nama klub itu merupakan akronim dari Persatuan atau Perserikatan. Sekilas tidak ada masalah dengan akronim tersebut. Namun, mengapa ada begitu banyak klub sepakbola Indonesia berawalan “Per”?

Persija Jakarta

Klub sepakbola Indonesia yang menggunakan kata persatuan dan perserikatan bukan tanpa sebab. Ada sejarah mengapa sekitar 100 klub di Indonesia berawalan “Per”.

Untuk diketahui, sejarah penggunaan awalan “Per” atau “PS” sudah ada sebelum zaman sepakbola perserikatan. Saat Indonesia masih dijajah Belanda sekira tahun 1920 setiap daerah di Indonesia sangat menekankan identitas kedaerahan.

Dalam satu daerah terdapat banyak sekali klub sepakbola. Bahkan setiap kecamatan setidaknya memiliki beberapa klub.

Kemudian muncul liga perserikatan di Indonesia. Setiap klub kecil dari berbagai daerah akhirnya bersatu membentuk klub induk.

Klub-klub kecil ini bersatu untuk membentuk klub yang lebih kuat. Sehingga mereka dapat bersaing dengan klub dari daerah lainnya yang bertanding. Karena merupakan gabungan dari klub kecil, klub induk ini memberi nama klub mereka dengan Persatuan atau Perserikatan pada bagian depan.

Mereka juga menambahkan nama daerah pada bagian belakangnya untuk memberi penekanan asal tim mereka. Salah satu contohnya bersatunya dua klub asal Bandung yaitu National Voetball Bond (NVB) dan Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (PSIB) pada 1933.

Follow Berita Okezone di Google News

Persatuan klub kecil tersebut akhirnya membentuk klub baru bernama Persib Bandung atau Persatuan Sepakbola Bandung. Mereka menyematkan kata Bandung untuk memberi tahu bahwa persatuan atau perserikatan sepakbola mereka berasal dari Bandung.

Persib Bandung

Budaya dalam dunia sepakbola berkembang pesat. Lahirlah nama-nama klub sepakbola lebih modern dengan nama United sampai FC pada bagian belakangnya. Sebut saja Bali United dan Borneo FC.

Banyaknya perubahan klub sepakbola Indonesia, yang tidak menggunakan awalan Per dimulai sejak era Galatama. Kemudian, saat Indonesia mengalami dualisme liga makin banyak tim yang tidak menggunakan awalan Per, beredar.

Akibatnya muncul nama-nama klub baru seperti Niac Mitra, Pelita Jaya, Arseto Solo, Krama Yudha Tiga Berlian di era Galatama. Sementara klub Batavia Union, Real Mataram, hingga Bali Devata bermunculan di era dualisme liga di Indonesia.

Demikian ternyata ini alasan banyak klub Indonesia berawalan Per.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini