Share

5 Negara yang Pandang Timnas Indonesia Sebelah Mata Jelang Piala Asia 2023, Nomor 1 Tim Asia Tenggara!

Djanti Virantika, Okezone · Senin 23 Januari 2023 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 23 51 2751477 5-negara-yang-pandang-timnas-indonesia-sebelah-mata-jelang-piala-asia-2023-nomor-1-tim-asia-tenggara-DcZslSAEBu.jpg Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

5 negara yang pandang Timnas Indonesia sebelah mata jelang Piala Asia 2023 menarik dikulik. Timnas Indonesia sendiri memang dipastikan akan ikut berlaga di Piala Asia 2023 usai tampil tangguh di babak kualifikasi.

Ya, Timnas Indonesia jadi salah satu dari 24 tim yang lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong akan ikut berlaga dalam ajang sepakbola bergengsi di Asia yang akan digelar di Qatar tersebut.

BACA JUGA: 5 Negara yang Remehkan Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023, Nomor 1 Rival Abadi Skuad Garuda!

Jelang duel itu, sejumlah negara tampak meremehkan Timnas Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut 5 negara yang pandang Timnas Indonesia sebelah mata jelang Piala Asia 2023.

BACA JUGA: Media Vietnam Bongkar Penyebab Timnas Indonesia Tak Diundang oleh Malaysia Mentas di Piala Merdeka 2023!

5. Kuwait

Timnas Kuwait

Salah satu negara yang pandang Timnas Indonesia sebelah mata jelang Piala Asia 2023 adalah Kuwait. Akibat pandang sebelah mata Timnas Indonesia, Kuwait sendiri harus menelan pil pahit dalam Kualifikasi Piala Asia 2023.

Diketahui, Kuwait berhadapan dengan Timnas Indonesia di Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Kuwait pun lebih diunggulkan dari Timnas Indonesia untuk lolos ke putaraan final karena memang lebih unggul di atas kertas.

Namun ternyata, pasukan Shin Tae-yong berhasil memberi kejutan kepada Kuwait. Timnas Indonesia kalah dengan skor 1-2 dari Timnas Indonesia. Kekalahan ini pun berujung dengan gagalnya lolos Kuwait ke putaran final Piala Asia 2023.

4. Malaysia

Timnas Malaysia

Lalu, ada Malaysia. Mereka menunjukkan sikap memandang remeh Timnas Indonesia kala tak mengundang pasukan Tanah Air untuk berlaga di Piala Merdeka 2023.

Alasannya, Malaysia hanya mengundang tim yang sudah memenuhi standar level Asia. Dengan tidak diundangnya Timnas Indonesia, secara tidak langsung Malaysia menganggap skuad Garuda tak ada di level Asia.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Qatar

Timnas Qatar

Di urutan ketiga, ada tuan rumah Qatar. Mereka juga memandang sebelah Timnas Indonesia yang memang duduk di posisi paling buncit dalam ranking FIFA, ketimbang negara lain yang akan berlaga di Piala Asia 2023.

Kondisi Qatar yang memandang sebelah mata Timnas Inonesia ini diketahui dalam satu laporan media asal Qatar, Doha News. Doha News menyayangkan Kuwait, yang satu grup dengan Timnas Indonesia di babak kualifikasi Piala Asia 2023, gagal kalahkan Skuad Garuda. Kuwait sendiri memang diketahui gagal lolos ke Piala Asia 2023.

“Kegagalan Kuwait lolos ke Piala Dunia 2022 sudah diprediksi. Tapi, gagal lolos ke Piala Asia 2023, terutama kalah di kandang sendiri dari Indonesia sangat mengecewakan,” tulis Doha News.

2. Thailand

Timnas Thailand

Kemudian, ada Thailand. Bak memandang sebelah mata Timnas Indonesia, juru taktik Timnas Thailand, Alexandre Polking, menyebut Vietnam sebagai tim paling kompetitif. Hal itu disampaikan jelang berlaga di Piala AFF 2022.

“Vietnam punya pemain yang kompetitif dan kuat. Mereka bukan hanya yang tim nomor satu di kawasan,” ucap Alexandre Poling dilansir dari Thanien VN.

1. Vietnam

Timnas Vietnam

Terakhir, ada Vietnam. Sikap mereka yang bak meremehkan Timnas Indonesia ditunjukkan dengan sorotan media Vietnam soal tidak diundangnya Skuad Garuda berlaga di Piala Merdeka 2023.

Diketahui, Piala Merdeka 2023 digelar oleh Malaysia. Ada 3 tim yang diundang berlaga di ajang itu, yakni Thailand, Vietnam, dan Suriah atau Palestina.

Media Vietnam pun kerap menyoroti alasan Malaysia tidak mengundang Timnas Indonesia ke Piala Merdeka 2023. Salah satunya karena Timnas Indonesia dinilai tidak termasuk standar Asia.

Selain itu, eks pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo, juga pernah meremehkan Timnas Indonesia kala gelaran Piala AFF 2022. Dia menyebut Timnas Indonesia belum juga bisa menunjukkan peningkatan kinerja di bawah asuhan Shin Tae-yong.

"Saya sudah pernah mengalahkan Indonesia 4-0, pernah imbang, dan terakhir kami pernah mengalahkan Indonesia U-23 di SEA Games dengan skor 3-0. Jadi, Vietnam lebih kuat," ujar Park Hang-seo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini