Share

5 Negara Terbesar di Dunia dan Prestasi Sepakbolanya, Bagaimana dengan Timnas Indonesia?

Reinaldy Darius, Okezone · Minggu 22 Januari 2023 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 22 51 2751069 5-negara-terbesar-di-dunia-dan-prestasi-sepakbolanya-bagaimana-dengan-timnas-indonesia-wsFPK1CQZ4.jpg Timnas Indonesia kesulitan berprestasi di ajang internasional (Foto: PSSI)

SEBANYAK 5 negara terbesar di dunia dan prestasi sepakbola akan dibahas di sini. Mari membandingkan prestasi kelima negara terbesar di dunia tersebut dengan Timnas Indonesia.

Indonesia adalah salah satu negara terbesar di dunia dengan luas 1,905 juta kilometer persegi dan jumlah penduduk 273,8 juta orang per data 2021. Namun demikian, Skuad Garuda – julukan Timnas Indonesia – kesulitan untuk menemukan 11 orang terbaik untuk berjaya di kancah sepakbola dengan hanya berada di urutan ke-151 ranking FIFA.

Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam

Apakah karena saking luasnya suatu negara dan total penduduk bisa berpengaruh terhadap prestasi sepakbola suatu Timnas? Mari membandingkannya dengan negara-negara terbesar di dunia dan menengok kepada prestasi sepakbolanya Timnas mereka.

Berikut 5 Negara Terbesar di Dunia dan Prestasi Sepakbolanya

5. Brasil

Timnas Brasil

Brasil memiliki luas wilayah sekitar 8,5 juta kilometer persegi. Mereka merupakan negara dengan populasi terpadat ketujuh di dunia, yaitu sebanyak 214,3 juta orang per data 2021.

Timnas Brasil, tidak diragukan lagi, merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Mereka memiliki lima gelar juara dunia dan kini berada di peringkat pertama FIFA.

Brasil merupakan salah satu kiblat sepakbola dunia. Para pemain legendaris sekaliber Pele, Ronaldo Nazario hingga kini Neymar pun membuat sensasi di kancah sepakbola dunia.

4. China

Timnas China

China adalah negara terluas keempat di dunia dengan wilayah sebesar 9,5 juta kilomter persegi. Total penduduk China adalah salah satu yang terbanyak, yaitu 1,4 miliar jiwa per data 2021.

Timnas China bukan salah satu yang terbaik di dunia. Di Asia juga mereka masih kalah dari Jepang, Korea Selatan, dan Arab Saudi.

Namun, China pernah mencapai final Piala Asia pada 1984 dan 2004. Mereka juga meraih medali perunggu di ajang tersebut pada 1976 dan 1992. Ranking FIFA Timnas China pada saat ini berada di peringkat ke-80.

Baca Juga: Kesehatan Prima sebagai kunci menyambut tahun kelinci

Follow Berita Okezone di Google News

3. Amerika Serikat

Timnas Amerika Serikat

Amerika Serikat merupakan negara Adikuasa dunia. Mereka memiliki luas 9,8 juta kilometer persegi dengan total penduduk 331,9 juta jiwa per data 2021.

Timnas Amerika Serikat merupakan kekuatan utama di daerahnya, CONCACAF. Mereka menjuarai Piala Emas dalam tujuh kali kesempatan dan CONCACAF Nations League sekali.

Selain itu, Timnas Amerika Serikat juga sering berpartisipasi di Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka adalah menjadi juara ketiga pada edisi perdana tahun 1930. Peringkat Amerika Serikat di ranking FIFA adalah ke-13.

2. Kanada

Timnas Kanada

Kanada memiliki luas wilayah hingga 9,9 juta kilometer persegi. Mereka memiliki jumlah penduduk yang tersedikit di antara negara-negara terluas ini, yaitu hanya 38,25 juta jiwa per data 2021.

Timnas Kanada berada satu konfederasi bersama Amerika Serikat, yaitu CONCACAF. Prestasi terbaik mereka adalah dengan menjadi juara pada dua edisi, yaitu pada 1985 dan 2000.

Timnas Kanada jarang tampil di Piala Dunia, namun baru saja ikut serta pada edisi 2022 lalu meski langsung tersingkir di fase grup. Timnas Kanada pada saat ini berada di peringkat ke-53 dalam ranking FIFA.

1. Rusia

Timnas Rusia

Rusia adalah negara dengan luas wilayah terbesar di dunia. Mereka menutupi 11,5 persen luas bumi dengan luas total wilayah sekitar 17 juta kilometer persegi. Negara Eropa Timur ini memiliki total penduduk sekitar 143,4 juta jiwa per data 2021.

Timnas Rusia bukanlah salah satu yang terbaik di dunia. Namun tetap saja, jauh di atas Indonesia. Mereka belum pernah meraih trofi apa pun di kancah Eropa maupun dunia.

Pada saat ini, Rusia berada di peringkat ke-37 dunia dan sering tampil di Piala Dunia. Terakhir kali adalah pada 2018 ketika mereka menjadi tuan rumah dan bersaing hingga perempatfinal dengan mengalahkan Spanyol di babak 16 besar lewat adu penalti.

Kesimpulan

Luas wilayah dan jumlah penduduk sama sekali tidak ada kaitannya dengan prestasi sepakbola. Itu bukanlah halangan untuk Indonesia berprestasi di kancah dunia. Hanya saja, ada faktor lain yang salah ditangani sehingga Garuda kesulitan berprestasi di cabang olahraga terpopuler dunia ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini