Share

Alasan Espanyol Dijuluki Burung Parkit, Klub Liga Spanyol yang Jadi Rival Sekota Barcelona

Aryo Hadi Wibowo, Okezone · Jum'at 20 Januari 2023 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 20 46 2750058 alasan-espanyol-dijuluki-burung-parkit-klub-liga-spanyol-yang-jadi-rival-sekota-barcelona-vHi9RzRhUi.jpg Para fans Espanyol, klub yang dijuluki burung parkit (Foto: Twitter/RCDEspanyol)

ALASAN Espanyol dijuluki burung parkit sangat menarik untuk dibahas. Espanyol merupakan klub asal Spanyol yang bermarkas di Catalunya dan karena itu, setiap pertemuan kontra Barcelona akan disebut sebagai partai derby, tepatnya El Derbi Barceloni.

Dalam sepakbola, itu adalah hal yang wajar jika sebuah klub memiliki julukan. Klub bernama lengkap Reial Club Deportiu Espanyol ini juga mempunyai julukan yang melekat.

Espanyol vs Barcelona

Uniknya Espanyol mempunyai julukan yang mengambil dari nama hewan yakni Los Periquitos. Dalam bahasa Indonesia, itu berarti burung parkit.

Mengapa julukan tersebut sangat melekat terhadap klub Espanyol? Okezone.com akan membahasnya pada artikel kali ini.

Burung parkit merupakan salah satu burung populer di dunia. Jenis burung ini dikenal jinak dan memiliki warna yang mencolok.

Untuk mengetahui asal usul julukan RCD Espanyol, tentu harus melihat kembali pada awal abad ke-20. Mengutip dari LaLiga, Espanyol sudah sangat lama mendapat julukan tersebut.

Di markas Espanyol, Estadio de Sarria pada tahun 1923 hingga 1997, terdapat banyak burung parkit. Hal itulah yang melatarbelakangi julukan Los Periquitos yang melekat kepada Espanyol.

Follow Berita Okezone di Google News

Meskipun Espanyol sudah tidak lagi berkandang di Estadio de Sarria, namun julukan ini masih melekat. Bahkan, Cornella-El Prat, stadion Espanyol yang sekarang, terdapat logo burung parkit di bagian luar stadion.

Espanyol vs Barcelona

Adapun Estadio Cornella-El Prat yang dibuka sejak Agustus 2009 lalu itu mempunyai kapasitas 40.500 penonton. Stadion yang jadi markasnya RCD Espanyol itu terletak di pinggiran Cornella de Llobregat, dekat Barcelona, Catalunya, Spanyol.

Diketahui pembangunan stadion ini membutuhkan waktu tiga tahun dengan biaya sekitaran sebesar 60 juta euro atau setara Rp981 miliar dan selesai pada musim panas tahun 2009.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini