Share

Asal-usul Derby d'Italia Juventus vs Inter Milan, Duel Panas Antarklub Terbaik Italia

Rafid Ahmad Fauzi, Okezone · Kamis 12 Januari 2023 22:26 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 12 47 2745349 asal-usul-derby-d-italia-juventus-vs-inter-milan-duel-panas-antarklub-terbaik-italia-7NNNIoxNtg.jpg Duel Juventus dan Inter Milan selalu dinanti setiap tahunnya di Liga Italia (Foto: Twitter/juventusfcen)

ASAL-USUL Derby d’Italia Juventus vs Inter Milan akan diulas pada artikel ini. Juventus dan Inter Milan adalah dua klub besar di Italia. Keduanya memiliki persaingan yang ketat di seluruh kompetisi.

Derby d’Italia memang sebutan untuk pertandingan antara Juventus dan Inter Milan. Seperti yang banyak orang tahu, sebutan derby adalah laga yang mempertemukan dua klub dari satu wilayah yang sama.

Juventus vs Inter Milan

Namun, Derby d’Italia tidak berkaitan dengan rivalitas geografis. Sejarah panjang persaingan Juventus vs Inter Milan yang membuat istilah ini terus berkembang.

Asal-usul Derby d’Italia

Asal-usul Derby d’Italia dimulai sejak musim 1967-1968. Istilah tersebut dipopulerkan oleh Gianni Brera, seorang jurnalis olahraga terkenal asal Italia.

Sejak saat itu, istilah Derby d’Italia selalu digunakan ketika mempertemukan Juventus melawan Inter Milan di segala kompetisi.

Brera menyebutkan istilah tersebut bukan tanpa sebab, sejarah Juventus melawan Inter Milan sangatlah bergengsi. Baik Juventus atau Inter Milan, keduanya pernah saling mengalahkan dengan skor telak.

Pada 4 April 1954, Inter Milan berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 6-0. Juventus membalas Inter Milan pada 9 Juni 1961, klub berjuluk Bianconeri itu berhasil menang dengan skor 9-1.

Mereka juga sudah bertemu sebanyak tiga kali di final kompetisi domestik. Juventus berhasil menjuarai Coppa Italia pada 1959 dan 1965, sedangkan Inter Milan berhasil menjuarai Super Coppa pada 2005.

Follow Berita Okezone di Google News

Persaingan itulah yang membuat Brera mempopulerkan istilah Derby d’Italia. Selain itu, kedua klub tersebut belum pernah terdegradasi pada saat itu.

Juventus vs Inter Milan

Istilah Derby d’Italia sempat menjadi tidak relevan karena pada 1994 hingga 2009, rival sekota Inter Milan, yaitu AC Milan memiliki gelar Scudetto yang lebih banyak. Juventus juga sempat terdegradasi pada 2006.

Namun, istilah Derby d’Italia bukan mengenai gelar terbanyak atau klub yang belum pernah terdegradasi. Istilah ini lebih kepada atmosfer pertandingan Juventus vs Inter Milan yang setara dengan Derby pada umumnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini