Share

5 Negara Kuda Hitam yang Pernah Kejutkan Piala Dunia, Nomor 1 Nyaris Juara

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 08 Desember 2022 06:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 08 51 2722823 5-negara-kuda-hitam-yang-pernah-kejutkan-piala-dunia-nomor-1-nyaris-juara-LKIKkzvGQH.jpg 5 Negara Kuda Hitam yang Pernah Kejutkan Piala Dunia 2022. (Foto: FIFA)

5 negara kuda hitam yang pernah kejutkan Piala Dunia akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, hanya tim-tim hebat yang mampu merebut status juara pada ajang Piala Dunia.

Kendati demikian, dalam setiap turnamennya ada saja tim-tim kuda hitam yang mampu memberikan kejutan. Tim-tim yang awalnya tidak dijagokan justru dapat berbicara banyak di beberapa edisi Piala Dunia.

Dari sekian tim-tim kuda hitam tersebut, ada yang benar-benar mampu mengejutkan. Lantas negara mana saja yang pernah melakukannya?

Berikut 5 Negara Kuda Hitam yang Pernah Kejutkan Piala Dunia:

5. Timnas Maroko (Piala Dunia 2022)

Timnas Maroko

Maroko menjadi salah satu kuda hitam selain Kroasia yang masih bertahan di perempatfinal Piala Dunia 2022. Peluang tim asal Afrika itu untuk semakin memberikan kejutan pun masih terbuka lebar meski lawan yang akan mereka hadapi selanjutnya adalah Portugal.

Bagi Maroko, bermain di perempafinal adalah pengalaman pertama mereka di ajang Piala Dunia. Mereka menjadi wakil Afrika keempat yang mampu menembus babak perempatfinal Piala Dunia.

4. Timnas Bulgaria (Piala Dunia 1994)

Timnas Bulgaria di Piala Dunia 1994

Timnas Bulgaria sempat memberikan kejutan di Piala Dunia 1994 karena mampu menembus semifinal di turnamen yang digelar di Amerika Serikat tersebut. Bulgaria disebut kuda hitam karena mereka awalnya tak dijagokan, tapi justru dapat mengalahkan tim-tim kuat seperti Meksiko dan Jerman.

Perjalanan indah Bulgaria di Piala Dunia 1994 pun terhenti oleh Italia. Bertanding di semifinal, Bulgaria tumbang 1-2 dari Italia.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Timnas Korea Selatan (Piala Dunia 2002)

Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2002

Timnas Korea Selatan kembali bikin kejutan di Piala Dunia 2022 lantaran mampu lolos ke 16 besar dari grup yang berisikan Portugal, Uruguay, dan Ghana. Namun, sayang perjalanan mereka langsung terhenti di 16 besar usai dihajar Brasil dengan skor 1-4.

Bila membicarakan Korea Selatan, perjalanan terbaik tim asal Asia itu jelas terjadi pada Piala Dunia 2002. Berstatus sebagai tuan rumah bersama Jepang, Korea Selatan nyatanya mampu melaju hingga semifinal. Pada akhirnya, perjalanan luar biasa itu dihentikan Jerman lewat skor 0-1 di babak semifinal tersebut.

2. TImnas Uruguay (Piala Dunia 2010)

Timnas Uruguay

Timnas Uruguay saat ini bisa dikatakan tim kuda hitam meski berstatus sebagai peraih dua gelar juara Piala Dunia. Pada edisi 2022 saja mereka tak mampu lolos dari fase grup usai kalah saing dengan Portugal dan Korea Selatan.

Kendati demikian, Uruguay sempat membuat kejutan saat tampil baik di Piala Dunia 2010. Tak diunggulkan sama sekali, Uruguay lantas sanggup lolos ke babak semifinal.

Sayangnya, Uruguay terhenti di semifinal usai kalah 2-3 dari Belanda. Lalu saat perebutan peringkat ketiga, Uruguay tumbang lagi dari Jerman.

1. Timna Kroasia (Piala Dunia 2018)

Timnas Kroasia

Timnas Kroasia mampu memberikan kejutan saat tampil di Piala Dunia 2018. Mereka yang tak dijagokan justru mampu menembus babak final.

Pada babak final, Kroasia tumbang 2-4 dari Prancis. Namun, perjalanan Krosia sangatlah luar biasa di Piala Dunia 2018 itu. Tim-tim besar seperti Argentina saja dihajar Kroasia 3-0 pada fase grup.

Saat ini, Kroasia masih bertahan di perempatfinal Piala Dunia 2022. Meski berstatus sebagai finalis Piala Dunia 2018, Kroasia sejatinya masih dianggap kuda hitam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini