Share

5 Negara Unggulan Calon Kuat Juara Piala Dunia 2022, Nomor 1 Brasil!

Hakiki Tertiari , Okezone · Sabtu 03 Desember 2022 06:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 03 51 2719729 5-negara-unggulan-calon-kuat-juara-piala-dunia-2022-nomor-1-brasil-LwbNSKfJrD.JPG Berikut 5 negara unggulan calon kuat juara Piala Dunia 2022 (Foto: Reuters)

SEBANYAK 5 negara unggulan calon kuat juara Piala Dunia 2022 akan diulas oleh Tim Okezone. Tak terasa babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 sudah rampung digelar dan memasuki fase knock out atau gugur.

Babak pertama fase gugur sendiri dimulai dari 16 besar. Sebanyak 16 tim yang berasal dari dua tim terbaik selama fase penyisihan grup, sudah dipastikan.

Tim yang lolos ke 16 besar kembali berjuang untuk melenggang ke perempatfinal, semifinal, final, hingga merebut trofi Piala Dunia 2022. Berbicara juara, ada lima negara yang jadi unggulan kuat juara Piala Dunia 2022 versi Okezone. Lantas, siapa saja negara yang dimaksud?

Berikut 5 negara unggulan calon kuat juara Piala Dunia 2022:

5. Inggris

Timnas Inggris

5 negara unggulan calon kuat juara Piala Dunia 2022 dimulai dari Timnas Inggris. Usai jadi juara di Piala Dunia 1966, The Three Lions (julukan Timnas Inggris) belum pernah membawa kembali trofi Piala Dunia ke negaranya.

Akan tetapi, tahun ini Inggris berpotensi mengulangi kejayaan 56 tahun silam. Dihuni pemain berkelas, membuat tim besutan Gareth Southgate memiliki garansi untuk juara Piala Dunia 2022.

Selain itu, Inggris tampil apik selama penyisihan fase Grup B. Mereka mendulang dua kemenangan, satu imbang, tanpa menelan sekalipun kekelahan. Bahkan, Harry Kane dkk hanya kebobolan dua kali dan mampu mencetak sembilan gol. Catatan itu jelas membuat The Three Lions layak diperhitungkan.

4. Prancis

Timnas Prancis

Di urutan keempat negara unggulan calon kuat juara Piala Dunia 2022 ada Timnas Prancis. Les Bleus (julukan Prancis) sudah membuktikan diri bahwa mereka bisa melepas kutukan sebagai juara bertahan yang gagal lolos ke fase gugur di edisi berikutnya.

Sekadar diketahui, Prancis merupakan juara Piala Dunia 2018. Dalam tiga edisi terakhir Piala Dunia (2006, 2010, dan 2014) belum ada juara bertahan yang lolos dari fase grup usai jadi juara di edisi sebelumnya.

Prancis mampu mematahkan kutukan itu. Bahkan, Kylian Mbappe dan kolega memastikan tiket 16 besar di matchday kedua usai memborong dua kemenangan sekaligus di Grup D. Sayangnya, mereka kalah dari Tunisia 0-1 di partai pamungkas.

Meskipun begitu, Prancis disinyalir masih jadi kekuatan utama di Piala Dunia. Hal itu didukung adanya sejumlah pemain berkualitas seperti Hugo Lloris, Raphael Varane, hingga Kylian Mbappe yang siap membawa Prancis jadi juara dua edisi beruntun.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Portugal

Timnas Portugal

Beranjak ke urutan ketiga, ada Timnas Portugal, yang layak diperhitungkan jadi unggulan juara Piala Dunia 2022. Satu alasan terkuat adalah faktor Cristiano Ronaldo.

Lima kali ikut Piala Dunia, megabintang 37 tahun itu belum bisa jadi juara bersama Portugal. Usia yang kian senja, tak membuat Cristiano Ronaldo menciut untuk bersaing jadi juara. Justru, ia ingin membuktikan kualitasnya bahwa dirinya belum habis.

Di sisi lain, jika Portugal juara, maka itu akan jadi sejarah baru dalam Piala Dunia. Pasalnya, Selecao das Quinas (julukan Portugal) belum pernah mencicipi jadi juara Piala Dunia. Prestasi terbaik mereka menempati peringkat ketiga di Piala Dunia 1966.

Sementara dalam satu dekade terakhir, Portugal kerap gagal tembus ke perempatfinal. Mereka dibayangi kegagalan di babak 16 besar. Praktis, tahun ini jadi pecutan besar bagi Cristiano Ronaldo, juga penggawa Portugal mengangkat trofi Piala Dunia 2022.

2. Argentina

Timnas Argentina

Selanjutnya, ada Timnas Argentina, yang tidak bisa dianggap enteng. Ya, sempat terseok di awal usai kalah 1-2 dari Arab Saudi, La Albiceleste (julukan Argentina) menggila di dua laga terakhir penyisihan Grup C.

Mereka menggilas Meksiko dan Polandia dengan skor identik dua gol tanpa balas. Dua kemenangan itu membawa Argentina menjadi juara Grup C, dengan raihan 6 poin.

Belum lagi, nama Lionel Messi masih jadi pertaruhan besar Argentina untuk juara Piala Dunia tahun ini. La Pulga (julukan Lionel Messi) tentu berambisi menutup edisi Piala Dunia terakhirnya dengan manis sebagai juara.

Di samping itu, publik Argentina juga merindukan trofi Piala Dunia pulang ke negaranya. Sebab, Tim Tango kali terakhir juara Piala Dunia pada edisi 1986 alias 36 tahun silam.

1. Brasil

Timnas Brasil

Berbicara negara yang diunggulkan juara Piala Dunia 2022, tentu Timnas Brasil layak masuk dan berada di urutan pertama. Tak bisa dipungkiri, prestasi lima trofi Piala Dunia Brasil selama ini, jadi tolok ukur utama Tim Samba (julukan Brasil) kembali bersinar di tahun ini.

Selain itu, mereka juga dihuni sejumlah pemain berkualitas, mulai dari penjaga gawang hingga lini serang. Sebut saja Alisson Becker (kiper), Thiago Silva (bek), Casemiro (tengah), hingga ada Vinicius Junior, yang jadi daya gedor Brasil.

Belum lagi, tim besutan Tite mulus ke 16 besar dengan status juara Grup G Piala Dunia 2022. Sebab demikian, Brasil masih jadi favorit utama juara Piala Dunia 2022.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini