Share

Meski Ada Pendingin Udara, Panasnya Matahari Qatar Tetap Terasa di Tiap Stadion Piala Dunia 2022

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 51 2718553 meski-ada-pendingin-udara-panasnya-matahari-qatar-tetap-terasa-di-stadion-stadion-piala-dunia-2022-BNt517lnwi.JPG Kehadiran AC di stadion di Qatar tak sepenuhnyab menghilangkan hawa panas matahari Qatar. (Foto: Reuters)

PIALA Dunia 2022 terasa berbeda karena berlangsung di Timur Tengah, tepatnya di Qatar. Kondisi cuaca menjadi tantangan tersendiri, namun menurut jurnalis MNC Portal Indonesia, Abdul Haris, yang melakukan liputan Piala Dunia 2022 secara langsung, pihak Qatar telah berupaya untuk mengatasi masalah cuaca itu dengan memfasilitasi stadion lewat pendingin udara atau AC.

Menurut pemaparan Abdul Haris, kehadiran AC membuat rasa panas saat menonton pertandingan di dalam stadion sedikit berkurang. Namun, ia mengakui bahwa matahari Qatar yang begitu terik membuat hawa panas tetap saja menusuk hingga ke dalam stadion.

“Ya memang ada ya di beberapa stadion (terkait fasilitas AC), stadion-stadion baru di sini itu ada hembusan ac atau pendingin udara di Stadion Al Bayt misalnya. Itu sedikit mengurangi rasa panas tapi tetap matahari yang mentereng sulit terkalahkan juga sih,” ungkap Abdul Haris, dalam program Special Dialogue Okezone.

Stadion Al Bayt

Piala Dunia 2022 memang amat berbeda jika dibandingkan edisi-edisi sebelumnya. Biasanya, turnamen sepakbola empat tahunan tersebut digelar di musim panas.

Akan tetapi, karena kali ini tuan rumahnya adalah Qatar yang berada di kawasan Timur Tengah, mau tak mau kompetisi digeser waktu bermain menjadi saat musim dingin. Sebab jika tetap dipaksakan bermain di pertengahan tahun atau musim panas, maka suhu di Qatar bisa mencapai 41 derajat celcius, yang jelas tak memungkinkan untuk menggelar pertandingan.

Penggunakan AC pun dilakukan demi membuat suhu di setiap stadion di Qatar tak terlalu panas. Semua itu dibuat demi memanjakan para suporter dan pemain yang hadir di Qatar untuk menikmati Piala Dunia 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

Kendati demikian, penggunaan AC ternyata tak sepenuhnya berjalan lancar. Ada beberapa pemain yang mengelukan AC yang terlalu dingin hingga membuat tubuh justru menjadi sakit.

Seperti yang dirasakan penggawa Timnas Brasil, Antony. Pemain Manchester United itu mengatakan AC memang memberikan dampak positif untuk menekan suhu panas. Namun di sisi lain, penggunaan AC ini sempat membuatnya menderita karena terserang pilek dan sakit tenggorokan.

Stadion Al Bayt

"Saya merasa sakit selama beberapa hari. Saya menderita pilek dan sakit tenggorokan," kata Antony, dilansir dari Tuttomerca.

“(Pilek) Itu hanya akibat dari cara mengatur kondisi iklim di stadion di Piala Dunia ini," tambahnya.

Terlepas dari masalah itu, nyatanya Brasil tetap lolos dengan lancar dari fase grup. Brasil kini sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini