Share

Sukses Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Qatar Bisa Jadi Inspirasi Indonesia

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 51 2718549 sukses-jadi-tuan-rumah-piala-dunia-2022-qatar-bisa-jadi-inspirasi-indonesia-B7QNPSb4tf.jpg Qatar sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS)

PIALA Dunia 2022 memang belum rampung, yang mana baru segera menyelesaikan fase grup. Namun, kesanggupan Qatar dalam menyiapkan infrastruktur berkualitas hingga sempurna dari segi pengamanan baik di dalam maupun luar stadion, membuat Qatar layak diacungi jempol.

Indonesia yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, bisa mencontoh banyak dari Qatar. Sekadar diketahui, Piala Dunia U-20 2023 bakal bergulir kurang dari enam bulan lagi di Tanah Air.

Suporter Timnas Prancis

(Petugas keamanan sangat sabar mengimbau ribuan Suporter Timnas Prancis di Piala Dunia 2022. (Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

Sebanyak enam stadion sudah disiapkan PSSI dan pemerintah untuk menyambut ajang dua tahunan ini. Namun, bukan hanya insfratruktur yang mesti dipersiapkan Indonesia demi menjadi tuan rumah yang baik.

Pengamat sepakbola sekaligus jurnalis MNC Portal Indonesia, Abdul Haris, saat ini berkesempatan meliput gelaran akbar Piala Dunia 2022. Lewat pandangannya, ada beberapa hal yang bisa diadopsi Indonesia dari Qatar demi sukses menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Qatar memang ini bukan negara sepakbola ya bisa dikatakan. Mungkin jika dibandingkan Indonesia justru yang bisa dibilang sebagai negara sepakbola. Namun, kita harus melihat persiapan Qatar dan ambisi mereka, sebuah negara kecil yang tidak mempunyai tradisi sepakbola kuat di dunia tapi mempersiapkan dengan sangat matang sekali. kata Abdul Haris dalam program Special Dialogue Okezone.

“Stadion-stadion baru, infrastruktur jalan, kemudian transportasi dibenahi dan disediakan. Segala-galanya sudah sangat siap sekali mereka menyelenggarakan turnamen ini. Kemudian pengamanan mereka bekerjasama dengan negara-negara luar. Karena itu, sejauh ini enggak ada masalah-masalah berarti, semua berjalan dengan baik. Ini bisa jadi contoh buat Indonesia, kalau direncanakan dengan baik pasti akan berjalan dengan baik,” lanjut pria yang dikenal sebagai komentator andal ini.

Follow Berita Okezone di Google News

Abdul Haris menyoroti cara petugas keamanan di sana yang begitu persuasif. Selain itu, petugas keamanan di Qatar juga tidak ada yang membawa senjata api hingga gas air mata.

Abdul Haris

(Abdul Haris saat menjajal Metro atau Kereta Cepat di Doha, Qatar. (Foto: MNC Portal Indonesia/Abdul Haris)

“Kemudian dari pengamanannya, seperti yang tadi saya bilang, di sini saya tidak pernah melihat ada pengamanan yang bawa senjata. Bahkan saat di dalam stadion ada security turnamen, bukan polisi yang disiapkan FIFA,” tegas Abdul Haris

“Tidak ada polisi di dalam stadion, hampir tidak ada. Polisi hanya berjaga-jaga di luar stadion, itupun enggak pernah saya lihat mereka bawa senjata api. Cara security officer di dalam stadion untuk menegur itu juga humanis sekali, persuasif sekali. Mereka lihat suporter Arab maka mereka akan menggunakan bahasa Arab juga mereka menegurnya secara budaya si suporternya tersebut,” lanjut pria berkacamata ini.

Terlepas dari itu, Piala Dunia 2022 segera merampungkan fase grup. Sejauh ini sudah ada 10 tim yang memastikan lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, yakni Belanda, Senegal, Inggris, Amerika Serikat, Argentina, Polandia, Prancis, Australia, Brasil dan Portugal.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini