Share

Kendala Terbesar Jalani Peliputan Piala Dunia 2022 di Qatar: Kejar-kejaran Waktu karena Jarak Jauh

Djanti Virantika, Okezone · Kamis 01 Desember 2022 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 01 51 2718362 kendala-terbesar-jalani-peliputan-piala-dunia-2022-di-qatar-kejar-kejaran-waktu-karena-jarak-jauh-GZfMWNhdJ4.jpg Kendala terbesar lakukan peliputan Piala Dunia 2022 di Qatar. (Foto: Abdul Haris/MNC Portal Indonesia)

PENGAMAT sepakbola sekaligus jurnalis MNC Portal Indonesia, Abdul Haris, berbagi cerita selama melakukan peliputan Piala Dunia 2022 di Qatar. Dia menceritakan kendala terbesar yang dihadapi kala melakukan peliputan ajang sepakbola paling bergengsi di dunia ini.

Sebagaimana diketahui, Piala Dunia 2022 telah digelar sejak 20 November 2022. Ajang ini dijadwalkan terus berlanjut hingga 18 Desember 2022.

Abdul Haris

(Abdul Haris jalani liputan Piala Dunia 2022 di Qatar)

Piala Dunia edisi kali ini pun digelar di Timur Tengah, tepatnya di Qatar. Ini menjadi momen pertama kalinya ajang sepakbola bergengsi Piala Dunia digelar di negara Timur Tengah.

Tak ayal, ada banyak hal baru yang dirasakan oleh para peserta, suporter, hingga jurnalis yang meliput langsung di sana. Abdul Haris pun turut membeberkan kendala besar yang dihadapinya selama melakukan peliputan Piala Dunia 2022.

Dia mengatakan kondisi venue yang berjauhan menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan peliputan. Sebab, dia harus kejar-kejaran dengan waktu.

BACA JUGA: Suhu di Qatar Capai 30 Derajat Celsius, Banyak Pemain Mengeluh saat Harus Main Siang Hari di Piala Dunia 2022

Alhasil, Abdul Haris pun harus pintar-pintar memperhitungkan waktu dan menjaga kondisi fisik dalam meliput agar bisa maksimal. Sebab, ada banyak kegiatan yang biasanya digelar dalam waktu berdekatan, mulai dari press conference, pertandingan, hingga latihan.

BACA JUGA: Metro Doha Alat Transportasi Paling Nyaman untuk Suporter di Piala Dunia 2022

โ€œKejar-kejaran waktu karena jarak jauh. Kondisikan fisik dan waktu, karena bisa jadi antara satu press conference dengan kegiatan lain waktunya sangat berdekatan, jadi kita harus milih nih apakah press conference, pertandingan, atau latihan, jadi kita harus milih,โ€ tutur Abdul Haris dalam program Special Dialogue Okezone.

โ€œDan dengan jalan yang begitu jauh, jadi harus memakan waktu. Jadi, kita harus pintar-pintar jaga kondisi dan berhitung waktu supaya dapat liputan yang maksimal,โ€ sambungnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Pemerintah Qatar memang menyiapkan 8 stadion yang tersebar di lima kota sebagai venue Piala Dunia 2022. Satu stadion terletak di Kota Lusail, yakni Lusail Iconic Stadium. Kemudian, satu stadion lainnya terletak di Kota Al Khor, yakni Stadion Al Bayt.

Di Ibu Kota Qatar, Doha, sendiri, ada 2 stadion yang dipergunakan menggelar Piala Dunia 2022. Stadion itu adalah Al Thumama Stadium dan juga 974 Stadium. Lalu, di Kota Al Rayyan, ada 2 stadion yang digunakan untuk menggelar pertandingan Piala Dunia 2022, yakni Khalifa International Stadium dan Ahmad bin Ali Stadium.

Stadion 974

Dua stadion sisanya terletak di Kota Al Wakrah. Stadion yang digunakan di sana untuk menggelar Piala Dunia 2022 adalah Education City Stadium dan Al Janoub Stadium.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini