Share

3 Kontroversi Pendepakan Pemain saat Piala Dunia Sudah Bergulir, Nomor 1 Gara-Gara Tak Nurut Perintah Pelatih

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Rabu 30 November 2022 20:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 30 51 2718128 3-kontroversi-pendepakan-pemain-saat-piala-dunia-sudah-bergulir-nomor-1-gara-gara-tak-nurut-perintah-pelatih-6SACHBiKHQ.JPG 3 Kontroversi Pendepakan Pemain saat Piala Dunia Sudah Bergulir. (Foto: Reuters)

3 kontroversi pendepakan pemain saat Piala Dunia sudah bergulir akan dibahas di Okezone di artikel ini. Tampil di Piala Dunia adalah impian semua pesepakbola, namun beberapa pemain ada yang tiba-tiba saja didepak dari tim ketika turnamen empat tahunan tersebut berlangsung.

Ada berbagai alasan yang membuat pihak tim memutuskan untuk mendepak pemain tersebut. Ada yang karena cedera, tidak displin, berperilaku tidak baik, dan masih banyak lagi. Lantas siapa saja pemain yang pernah didepat dari Piala Dunia ketika kompetisi tengah bergulir?

Berikut 3 Kontoversi Pendepakan Pemain saat Piala Dunia Sudah Bergulir:

3. Sulley Muntari dan Kevin-Prince Boateng (Piala Dunia 2014)

Sulley Muntari

Ghana sempat mencoret dua pemain mereka, yakni Sulley Muntari dan Kevin-Prince Boateng ketika Piala Dunia 2014 di Brasil tengah bergulir. Muntari didepak karena dilaporkan melakukan serangan fisik ke anggota Federasi Sepakbola Ghana (FGA).

Sementara Boateng dianggap melontarkan perkataan yang tidak baik kepada pelatih saat latihan. Karena sikap kedua pemain yang tak terpuji itu, mereka pun dikeluarkan dari skuad Ghana.

Tergabung di Grup G bersama Amerika Serikat, Jerman, dan Portugal, Ghana akhirnya berada di dasar klasemen. Mereka dikalahkan Amerika Serikat dan Portugal, serta imbang saat melawan Jerman.

2. Nicolas Anelka (Piala Dunia 2010)

Nicolas Anelka

Federasi Sepakbola Prancis (FFF) mendepak Niclas Anelka dari skuad Les Bleus yang tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Anelka dicoret dar skuad karena berselisih dengan pelatih Prancis yang kala itu dipegang oleh Raymond Domenech.

Menariknya tak hanya Anelka, Patrice Evra, Franck Ribery, dan Jeremy Toulalan juga ikut didepak karena ketiga pemain tersebut protes dengan keputusan FFF. Pada edisi 2010 itu, Prancis bermain sangat buruk hingga akhirnya gugur di fase grup.

Follow Berita Okezone di Google News

1. Andre Onana (Piala Dunia 2022)

Andre Onana

Kiper Timnas Kamerun, Andre Onana, didepak dari skuad di Piala Dunia 2022. Menurut warta dari The Athletic, sang penjaga gawang Inter Milan berseteru dengan pelatih Timnas Kamerun, Rigobert Song.

Nama Onana tak ada dalam daftar starting line-up skuad The Indomitable Lions -julukan Timnas Kamerun. Dia juga tak ada dalam daftar pemain cadangan saat melawan saat melawan Serbia di matchday kedua Grup G.

Padahal Onana masih main membela Kamerun ketika kalah 0-1 dari Swiss di laga pertama Grup G. Nama Onana dicoret dari skuad karena tak mau mengganti gaya bermainnya.

Diketahui Onana kerap meninggalkan posnya ketika Kamerun menyerang. Dengan cara itu, Onana pun bisa lebih cepat mengantisapasi bola yang ditendang ke arahnya.

Gaya bermain Onana itu tak disukai Song yang lebih suka kiper tetap bertahan di depan gawang saja. Perbedaan pendapat itu membuat perselisihan hingga Song mencoret nama Onana.

Kendati demikian, Onana dikabarkan masih di Qatar dan berpotensi tetap dimainkan pada laga Kamerun vs Brasil pada laga pamungkas Grup G pada Sabtu 3 Desember 2022 pukul 02.00 WIB.

Namun, itu semua dapat terjadi jika memang Song mengizinkan Onana bermain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini