Share

Alasan Kenapa Amerika Serikat Sering Menyebut Sepakbola dengan Soccer

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 29 November 2022 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 51 2717241 alasan-kenapa-amerika-serikat-sering-menyebut-sepakbola-dengan-soccer-ppcqccpI7F.JPG Alasan Kenapa Amerika Serikat Sering Menyebut Sepakbola dengan Soccer. (Foto: Reuters)

ALASAN kenapa Amerika Serikat sering menyebut sepakbola dengan soccer menarik untuk dibahas. sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang memiliki banyak peminat.

Bahkan, saking banyaknya orang yang berminat pada olahraga ini dibentuklah FIFA atau federasi yang menaungi federasi-federasi sepakbola di penjuru dunia. Tapi tahukah Anda Olahraga yang dikembangkan di Inggris ini memiliki dua sebutan? yakni football dan soccer.

Salah satu negara yang masyarakatnya menyebut sepakbola sebagai soccer adalah Amerika Serikat. Lantas kenapa Amerika Serikat menyebut sepakbola dengan soccer?

Timnas Inggris vs Timnas Amerika Serikat

Alasan Kenapa Amerika Serikat Sering Menyebut Sepakbola dengan Soccer

Asal usul kata soccer yang populer untuk menyebut olahraga ‘sepakbola’ di Amerika Serikat berawal pada tahun 1863. Pada tahun tersebut, di Inggris aturan sepakbola ditulis sebagai “Association Football”.

Namun, pada saat yang bersamaan olahraga rugby tengah berkembang sejak awal 1840-an dengan nama yang sama, yakni rugby football. Pada 1880-an, seorang mahasiswa dari Universitas Oxford menggunakan istilah “rugger” untuk rugby dan “assoccer” sebelum disebut sebagai ‘soccer’ untuk sepakbola.

Sejak saat itu, penamaan kedua olahraga itu pun menyebar dan pada abad 20-an, olahraga rugby football di Inggris lebih dikenal dengan rugby. Sedangkan association football hanya disebut sebagai football.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, di Amerika Serikat terdapat sebuah olahraga bernama American Football yang diadopsi dari olahraga rugbi. Maka dari itu mereka menggunakan kata soccer untuk menyebut olahraga ‘sepakbola’. Hal ini dilakukan untuk membedakan sepakbola dengan American Football.

Dilansir dari laman Daily Mail (29/11/2022), seorang akademisi dari Universitas Michigan yakni Profesor Stefan Szymanski pada 2014 menjelaskan mengenai asal usul kata soccer yang kerap digunakan untuk menyebut ‘sepakbola’.

Timnas Amerika Serikat

Dalam analisisnya, penggunaan kata soccer sudah ada sejak tahun 1900 dan seterusnya. Kepopuleran kata soccer di Amerika Serikat tumbuh subur dan kata football jarang digunakan untuk merujuk pada olahraga menendang bola di lapangan (sepakbola).

Demikian Alasan Kenapa Amerika Serikat Sering Menyebut Sepakbola dengan Soccer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini