Share

Hitung-hitungan Jerman Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2022: Berharap Bantuan dari Spanyol!

Reinaldy Darius, Okezone · Senin 28 November 2022 15:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 51 2716298 hitung-hitungan-jerman-lolos-ke-16-besar-piala-dunia-2022-berharap-bantuan-dari-spanyol-LF9JFD2YpE.JPG Timnas Jerman memerlukan bantuan Timnas Spanyol di laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS)

SKENARIO hitung-hitungan Jerman lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Der Panzer – julukan Timnas Jerman – akan mengharapkan bantuan dari Spanyol untuk pekan terakhir babak grup nanti.

Timnas Jerman berhasil menjaga asanya lolos tetap hidup setelah bermain imbang 1-1 kontra Spanyol, Senin (28/11) dini hari WIB. Dalam laga itu, gol Niclas Fullkrug pada menit ke-83 menyeimbangkan kedudukan yang dibuka Spanyol melalui Alvaro Morata (62’).

Timnas Spanyol vs Timnas Jerman

Meskipun baru meraih satu poin dari dua laga, namun Jerman setidaknya sukses menjaga asa untuk lolos. Kini, mereka pun perlu fokus untuk meraih kemenangan pada laga terakhir kontra Kosta Rika.

Laga kontra Los Ticos – julukan Timnas Kosta Rika – akan dihelat di Stadion Al Bayt pada Jumat 2 Desember 2022 dini hari WIB. Namun, sebuah kemenangan saja nyatanya bisa saja tak cukup untuk meloloskan tim asuhan Hansi Flick ini.

Dalam situasi ini, Jerman akan mengharapkan bantuan dari Spanyol untuk mengalahkan Jepang di pertandingan lain. Sebab, hanya cara itu yang paling memungkinkan untuk terwujud.

Jerman kalah head-to-head dari Jepang namun untungnya di Piala Dunia 2022 perhitungan tie-breaker ditentukan oleh selisih gol. Spanyol punya selisih gol plus tujuh (+7) berkat kemenangan 7-0 atas Kosta Rika di pertandingan perdana. Jerman punya selisih gol minus satu (-1) sedangkan Jepang nol (0) pada saat ini.

Jika Spanyol kalah dari Jepang, maka catatan empat poin mereka kemungkinan besar akan mengalahkan Jerman. Terkecuali, jika Der Panzer mampu mengalahkan Kosta Rika dengan margin setidaknya delapan gol. Dengan catatan, Spanyol kalah dengan selisih satu gol dari Jepang.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, jika La Furia Roja – julukan Timnas Spanyol – mampu mengalahkan Jepang, kemungkinan besar Jerman akan ikut lolos. Dengan asumsi Spanyol menang selisih satu gol kontra Samurai Biru – julukan Timnas Jepang – maka Jerman akan lolos jika menang dengan skor berapa pun.

Klasemen Sementara Grup E Piala Dunia 2022

Dalam situasi ini, Jerman akan memiliki selisih gol nol (0). Itu lebih baik daripada Jepang yang akan punya selisih gol minus satu (-1).

Jika Spanyol dan Jepang bermain imbang, maka Jerman akan memerlukan lebih dari satu gol untuk lolos. Juara dunia empat kali tersebut hanya akan lolos jika menang dengan margin dua gol atas Kosta Rika.

Dalam skenario ini, jika Jerman hanya menang dengan selisih satu gol atas Kosta Rika, maka mereka akan kalah head-to-head kontra Jepang. Sebab, mereka takluk 1-2 di pertandingan kontra wakil Asia tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini