Share

Usai Rakor, Menpora Zainudin Amali Masih Belum Bisa Tentukan Kelanjutan Liga 1 2022-2023

Maulana Yusuf, MNC Portal · Senin 28 November 2022 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 28 49 2716567 usai-rakor-menpora-zainudin-amali-masih-belum-bisa-tentukan-kelanjutan-liga-1-2022-2023-0iFv6KWHCy.jpg Menpora Zainudin Amali masih belum bisa putuskan kelanjutan Liga 1 2022-2023 (Foto: Maulana Yusuf/MNC Portal Indonesia)

MENTERI Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali menegaskan kelanjutan Liga 1 2022-2023 masih membutuhkan rapat koordinasi (Rakor) sekali lagi. Keputusan tersebut dibuat usai rakor yang digelar di Wisma Kemenpora, Senayan pada Senin 28 November 2022.

Sebagaimana diketahui, Liga 1 2022-2023 tengah dihentikan menyusul tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada awal Oktober 2022 lalu. Para pihak klub pun mulai mendesak untuk segera dimulainya kembali ajang tertinggi sepakbola Indonesia itu. Namun, Menpora Amali menyebut masih ada satu tahapan lagi untuk memutuskan kelanjutan Liga 1 2022-2023.

Rakor Liga 1 2022-2023

"Masih ada satu tahapan lagi (untuk memutuskan kelanjutan Liga 1)," ungkap Amali dalam konferensi pers usai rapat kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia di Jakarta.

Adapun, untuk rapat selanjutnya akan dilakukan pada besok, Selasa (29/11/2022). Amali mengatakan pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengundang semua stakeholder Liga 1 untuk menentukan keputusan akhir penyelenggaraan kompetisi tersebut.

"Polri akan mengundang langsung pengelola kompetisi (PT LIB) dan juga PSSI untuk merumuskan terakhir seperti apa. Dari situ, polri akan memutuskan apakah kompetisi ini boleh lanjut atau tidak. Jadi sekali lagi, Polri masih butuh satu kali lagi untuk rapat koordinasi khusus untuk pengamanan," tegas Amali.

Dalam rapat itu, Amali juga mengungkapkan bahwa ada perubahan ke arah yang lebih baik terkait SOP penanganan pertandingan hasil dari evaluasi. Hal itu pun disambut baik pihak kepolisian.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kemudian, pihak Polri juga menyampaikan tentang berbagai hal-hal yang sudah ada progresif terkait SOP penanganan dan lain-lain untuk penyelenggaraan pertandingan," kata lanjut Zainudin Amali.

Rakor Liga 1 2022-2023

Sementara itu, perwakilan Polri, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menegaskan bahwa pihaknya berpegang teguh pada peraturan polisi (Perpol) 10 tahun 2022 tentang penyelenggaraan kompetisi olahraga dalam menentukan izin digelarnya Kompetisi.

"Bahwa peraturan polisi (Perpol) 10 tahun 2022 tentang penyelenggaraan kompetisi olahraga, yang di dalamnya juga mengatur tentang kompetisi sepakbola," ujar Agung

"Perpol ini pedoman bagi polisi untuk melaksanakan tugas pengamanan kompetisi sepakbola. Untuk itu, saya ingin menggarisbawahi, kami semua mengacu terkait penyelenggaraan liga diatur dalam perpol tersebut,"

"Ada satu hal, pihak PSSI sudah bersurat kepada kami untuk permintaan izin. Kami memahami polri semuanya mendukung sepakbola Indonesia, terutama Timnas Indonesia. Sehingga, untuk terselenggaranya kelanjutan Liga 1 yang akan datang, kita harus memenuhi beberapa ketentuan yang diatur dalam perpol," tandasnya.

Selasa besok, pihak kepolisian akan sama-sama melaksanakan rapat bersama dengan PUPR, Kemenkes, pihak Liga, dan PSSI. Nantinya, mereka sama-sama melakukan verifikasi, merumuskan dan memutuskan stadion mana yang layak untuk pertandingan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini