Share

Berawal dari Surat, Sandy Walsh Bangga Segera Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 51 2714725 berawal-dari-surat-sandy-walsh-bangga-segera-bela-timnas-indonesia-di-piala-aff-2022-ZhBcfGlQFN.jpg Sandy Walsh segera perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. (Foto: Instagram/@sandywalsh)

FULLBACK kanan KV Mechelen, Sandy Walsh, bangga akhirnya bisa membela Timnas Indonesia. Ia mengatakan penantian panjang untuk membela Timnas Indonesia akhirnya segera kesampaian.

Sandy Walsh resmi mengubah status warga negaranya dari Belanda menjadi Indonesia setelah melakukan sumpah di Jakarta pada Kamis 17 November 2022. Ia melakukannya bersamaan dengan pemain naturalisasi lainnya asal Spanyol, Jordi Amat.

Sandy Walsh

Proses itu sekaligus menyudahi jalan panjang yang dilewati pemain berusia 27 tahun itu untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah diidam-idamkannya sejak 4,5-5 tahun lalu.

Kini, pemain yang mentas di Liga Belgia bersama KV Mechelen itu mengaku bangga bisa bergabung dengan TImnas Indonesia. Ia tampak tak menyangka apa yang dinginkannya bisa terwujud.

โ€œSurat yang memulai semuanya. Bangga bisa bergabung dengan Timnas Indonesia! Ayo bekerja!โ€ tulis Sandy Walsh di Instagram-nya, @sandywalsh, sambil mengunggah foto membentangkan bendera Merah-Putih.

Setelah resmi menjadi WNI, Sandy Walsh pun dipanggilpPelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti pemusatan latihan di Bali mulai Senin, 28 November 2022. Program latihan itu dilakukan untuk mempersiapkan Pasukan Garuda menuju Piala AFF 2022 yang akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Namun, sebelum bisa membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Sandy Walsh dan juga Jordi Amat harus terlebih dulu pindah dari federasi sepakbola mereka sebelumnya. Setelah sudah beres barulah mereka siap dimainkan di turnamen terbesar negara-negara Asia Tenggara itu tersebut.

Sandy Walsh

Supaya KV Mechelen bersedia melepas Sandy Walsh ke Timnas Indonesia untuk tampil di Piala AFF 2022, Shin Tae-yong dalam waktu dekat akan terbang ke Belgia. Shin Tae-yong akan meminta izin kepada KV Mechelen untuk melepas Sandy Walsh ke Timnas Indonesia.

Izin memang wajib dilakukan Timnas Indonesia kepada KV Mechelen. Sebab, KV Mechelen berhak menahan Sandy Walsh, mengingat Piala AFF 2022 bukanlah turnamen garapan FIFA.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini