Share

Piala AFF 2022: Setelah Kunjungi Elkan Baggott, Shin Tae-yong Hampiri Markas KV Mechelen Klub Sandy Walsh

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 24 November 2022 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2714342 piala-aff-2022-setelah-kunjungi-elkan-baggott-shin-tae-yong-hampiri-markas-kv-mechelen-klub-sandy-walsh-1AkAK4w67O.jpg Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berjumpa Elkan Baggott. (Foto: Instagram/mochamadiriawan84)

GILLINGHAM – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan saat ini tengah berada di Inggris untuk berjumpa manajemen klub yang dibela Elkan Baggott, yakni Gillingham FC. Shin Tae-yong sengaja mendatangi Gillingham FC secara langsung untuk meminta izin agar Elkan bisa diperbolehkan membela Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 pada akhir Desember nanti.

Selain ke Inggris, Shin Tae-yong juga dijadwalkan akan pergi ke Belgia untuk berjumpa manajemen KV Mechelen yang merupakan klub yang dibela Sandy Walsh. Tujuannya pun sama, pelatih asal Korea Selatan itu ingin meminta izin agar KV Mechelen bisa melepaskan pemain naturalisasi.

Kabar perjalanan Shin Tae-yong ke Inggris dan Belgia pun dikabarkan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan. Iwan Bule –sapaan akrab Iriawan– mengaku mendapatkan telefon dari penerjemah Shin Tae-yong, Jeong Seok-seo bahwa saat ini mereka sedang berada di Inggris.

Shin Tae-yong saat mendatangi klub Elkan Baggott, Gillingham FC. (Instagram/mochamadiriawan84)

“Saya baru saja mendapatkan kabar dari Jeje @jeongseokseo lewat telefon. Coach @shintaeyong7777 telah tiba di tanah Britania Raya dan bertemu dengan Manajemen Gillingham FC, klub @elkanbaggott. Dari Inggris, Coach STY juga akan merapat ke Belgia untuk bertemu dengan Manajemen KV Mechelen, klub dari @sandywalsh,” bunyi pernyataan Iriawan di instagram pribadinya, @mochamadiriawan84, Kamis (24/11/2022).

“Tujuan Coach Shin Tae-yong adalah untuk meminta kesediaan manajemen Gillingham FC dan KV Mechelen, untuk memberikan ijin kepada Elkan Baggott dan Sandy Walsh tampil digelaran AFF yang akan berlangsung bulan depan,” tambah Iriawan.

Perlu diketahui, Piala AFF merupakan kompetisi yang tidak terintegrasi dengan jadwal FIFA Matchday. Sehingga KV Mechelen dan Gillingham FC tak wajib melepaskan Sandy dan Elkan.

Apalagi, KV Mechelen dan Gillingham FC memiliki jadwal pertandingan saat Piala AFF 2022 bergulir akhir tahun nanti. Jadi, ada kemungkinan besar mereka takkan membiarkan Sandy dan Elkan pergi.

Mengetahui hal tersebut, Shin Tae-yong pun sengaja mendatangi kedua klub tersebut usai menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-20 di Spanyol. Menurut Shin Tae-yong, klub akan lebih kooperatif jika didatangi secara langsung.

Karena itulah Shin Tae-yong sengaja menghampiri manajemen KV Mechelen dan Gillingham FC. Iriawan pun mendoakan agar upaya Shin Tae-yong itu membuahkan hasil.

Shin Tae-yong saat mendatangi klub Elkan Baggott, Gillingham FC. (Instagram/mochamadiriawan84)

Sebab Iriawan sadar kehadiran Sandy dan Elkan sangat membantu lini pertahanan Timnas Indonesia. Dengan target juara di Piala AFF 2022, skuad Garuda jelas perlu kekuatan terbaiknya.

“Sepengelaman Coach Shin Tae Yong, klub akan lebih bisa kooperatif ketika kita datang kesana menunjukkan itikad baik, kemudian meminta ijin untuk melepaskan pemainnya berlaga di Timnas. Maka dari itu Coach Shin Tae Yong datang langsung untuk Elkan dan Sandy,” sambung Iriawan.

“Semoga usaha Coach Shin Tae Yong bernegosiasi di Eropa bisa mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita harapkan. Baik Elkan maupun Sandy mendapatkan ijin dan keduanya dapat segera bergabung dengan Timnas Indonesia, Amin YRA," tutup Iriawan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini