Share

Meski Sukses Kalahkan Timnas Ghana, Fernandos Santos Kesal Pertahanan Portugal Lembek

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 05:46 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 51 2714424 meski-sukses-kalahkan-timnas-ghana-fernandos-santos-kesal-pertahanan-portugal-lembek-rdCZHi6S0C.JPG Ekspresi Fernando Santos dan pemain Portugal saat timnya diserang Ghana. (Foto: Reuters)

DOHA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Portugal, Fernando Santos tak merasa puas meski timnya baru saja menang 3-2 atas Ghana di laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 pada Kamis 24 November 2022 malam WIB. Pasalnya Santos kesal dengan lini pertahanan Portugal yang begitu lembek sehingga Ghana dengan mudah membobol dua kali.

Portugal tampil kesulitan menghadapi Ghana. Bermain di 974 Stadium, Doha, pemain Portugal kesulitan menciptakan peluang berbahaya di babak pertama.

Alhasil, Selecao das Quinas -julukan Portugal- buntu sepanjang 45 menit pembuka. Santos selaku juru taktik pun menjelaskan mengapa anak asuhnya kesulitan membongkar pertahanan Ghana.

Osman Bukari tiru selebrasi Cristiano Ronaldo di laga Portugal vs Ghana (Reuters)

โ€œDalam hal transisi negatif, kami melakukannya dengan sangat baik, Ghana memiliki 0 tembakan (di babak pertama), kami aman dengan bola, tetapi pasif, kami menginvasi daerah lawan, tetapi kami terus bersirkulasi,โ€ kata Santos dilansir Record, Jumat (25/11/2022).

Portugal kemudian memecah kebuntuan lewat penalti Cristiano Ronaldo (65โ€™). Namun usai unggul, Ghana berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Andre Ayew (73โ€™).

Bruno Fernandes yang tampil apik sepanjang laga menjadi kreator serangan atas terjadinya gol Joao Felix (78โ€™) dan Rafael Leao (80โ€™). Namun di luar dugaan, Ghana kembali memberi perlawanan sengit lewat gol Osman Bukari (89โ€™).

โ€œDalam beberapa menit terakhir, kami menciptakan tiga sampai empat situasi berbahaya, dengan umpan silang, dan pergantian pemain,โ€ ujar Santos ketika mengomentari jalannya babak kedua.

โ€œItu tidak mudah, kami memberi tahu pemain saat turun minum, untuk lebih bersabar, tetapi jika terus-terusan sabar, kami tidak mencetak gol, kemudian kami sepakat mengubah gaya bermain, para pemain paham,โ€ sambungnya.

Santos pun tidak habis pikir mengapa anak asuhnya tidak bisa meraih kemenangan dengan nyaman meski tampil dominan. Juru taktik berusia 68 tahun itu heran dengan terjadinya dua gol Ghana.

Portugal vs Ghana (Reuters)

โ€œLalu terjadilah penalti, tetapi kemudian kami kebobolan dua gol yang entah datangnya dari mana, tidak ada yang bisa mengerti kami kebobolan gol yang datangnya entah dari mana,โ€ tutupnya.

Portugal berhasil mendapat tiga poin dengan amat susah payah. Langkah Portugal kedepannya kian berat karena masih harus menghadapi Uruguay dan Korea Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini