Share

Hasil Timnas Portugal vs Ghana di Piala Dunia 2022: Cristiano Ronaldo Cetak Gol, Selecao das Quinas Menang 3-2

Muammar Yahya Herdana, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 00:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 25 51 2714392 hasil-timnas-portugal-vs-ghana-di-piala-dunia-2022-cristiano-ronaldo-cetak-gol-selecao-das-quinas-menang-3-2-tLVdjSvsHS.JPG Selebrasi Cristiano Ronaldo usai cetak gol di laga Portugal vs Ghana. (Foto: Reuters)

DOHA – Tim Nasional (Timnas) Portugal memetik kemenangan penting atas Ghana di laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 pada Jumat (25/11/2022) dini hari WIB. Bermain di Stadion 974, Doha, Qatar, tim berjuluk Selecao das Quinas itu menang dengan skor 3-2.

Kemenangan Portugal diawali dengan gol penalti Ronaldo di menit ke-65. Lalu Joao Felix menambah keunggulan Portugal pada menit 78 dan Rafael Leao menyempurnkannya lewat gol di menit ke-80.

Sementara Ghana hanya bisa membalas lewat gol Andrew Ayew di menit 73 dan Osman Bukari di menit 89. Dengan kemenangan 3-2 atas Ghana itu, Portugal untuk sementara berada di puncak klasemen Grup H Piala Dunia 2022 dengan tiga poin.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Portugal vs Ghana (Reuters)

Portugal langsung berusaha menunjukan dominasinya untuk menguasai jalannya pertandingan. Berbagai upaya terus dilakukan, namun Cristiano Ronaldo dkk masih cukup kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-10, Ronaldo pun mampu mendapatkan peluang yang sangat baik untuk mencetak gol pembuka di laga. Meski begitu, Lawrence Ati mampu menjalankan tugasnya dengan menggagalkan serangan yang didapatkan, sehingga skor 0-0 belum berubah.

Setelahnya, tempo serangan yang ditunjukan oleh kedua tim sedikit menurun. Baik Portugal dan Ghana sama-sama tidak terburu-buru dalam melakukan serangan dan memilih menunggu waktu yang tepat.

Ronaldo sempat berhasil membobol gawang Ghana di menit ke-31. Namun wasil memutuskan untuk menganulir gol tersebut setelah menganggap Ronaldo melakukan pelanggaran kepada Alexander Djiku.

Beberapa upaya terus dilakukan Portugal untuk bisa mencetak gol pembuka di laga tersebut. Namun hingga babak pertama berakhir, tidak ada gol yang dapat tercipta. Hal tersebut membuat skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Portugal vs Ghana (Reuters)

Portugal kembali berusaha menunjukan dominasinya untuk bisa segera memimpin jalannya pertandingan. Meski begitu, Ghana terus menyulitkan berbagai upaya yang dilakukan oleh Portugal.

Ronaldo pun kembali mendapatkan peluang yang berharga untuk membuka keunggulan di menit ke-55. Namun, peluang tersebut masih dapat diselamatkan dengan baik, sehingga kedudukan masih imbang 0-0.

Setelahnya, Portugal pun mendapat tendangan penalti setelah lini pertahanan Portugal melakukan pelanggaran terhadap Ronaldo. Portugal pun berhasil unggul 1-0 setelah Ronaldo berhasil mengeksekusi tendangan penalti tersebut dengan baik di menit ke-65.

Namun Ghana berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Andre Ayew di menit ke-73 memanfaatkan kelengahan dari lini pertahanan Portugal. Kini kedudukan pun kembali menjadi imbang 1-1.

Setelahnya, Portugal langsung meningkatkan kualitas serangannya. Hasilnya, Portugal sukses mencetak dua gol yang dihasilkan oleh Joao Felix (78’) dan Rafael Leao (80’) dari umpan yang diberikan Bruno Fernandes. Dua gol tersebut membuat Portugal kembali unggul 3-1.

Namun pada menit ke-88 Ghana mampu kembali memperkecil ketertinggalan setelah Osman Bukari membobol gawan Portugal yang menjadi penutup di laga tersebut. Portugal pun akhirnya tetap memastikan kemenangan dengan skor akhir 3-2.

Susunan Pemain

Portugal (4-1-2-1-2): Diogo Costa; Raphael Guerreiro, Danilo Pereira, Ruben Dias, Joao Cancelo; Ruben Neves (Rafael Leao 77’); Otavinho (William Carvalho 56’), Bruno Fernandes; Bernardo Silva (Joao Palhinha 88’); Joao Felix (Joao Mario 88’), Cristiano Ronaldo (Goncalo Ramos 88’).

Cadangan: Rui Patricio, Jose Sa, Diogo Dalot, Pepe, Joao Palhinha, Andre Silva, William, Rafael Leao, Vitinha, Joao Mario, Richardo Horta, Matheus Nunes, Antonio Silva, Goncalo Ramos.

Pelatih: Fernando Santos.

Ghana (5-4-1): Lawrence Ati; Abdul Rahman Baba, Mohammed Salisu, Daniel Amartey, Alexander Djiku (Daniel-Kofi Kyereh 90+3’), Seidu Alidu (Tareek Lamptey 65’); Andre Ayew (Jordan Ayew 77’), Salis Abdul Samed (Antoine Semenyo 90+3’), Thomas Partey, Mohammed Kudus (Osman Bukari77’); Inaki Williams.

Cadangan: Danlad Ibrahim, Abdul Manaf Nurdeen, Tareek Lamptey, Denis Odoi, Elisha Owusu, Abdul Fatawu Issahaku, Daniel-Kofi Kyereh, Jordan Ayew, Osman Bukari, Daniel Afriyie, Gideon Mensah, Joseph Aidoo, Kamaldeen Sulemana, Kamal Sowah, Antoine Semenyo.

Pelatih: Otto Addo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini