Share

3 Kemenangan Timnas Indonesia vs Jepang di Masa Lalu, Nomor 1 Garuda Hantam Samurai Biru 7-1!

Cita Zenitha, MNC Portal · Jum'at 25 November 2022 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2714366 3-kemenangan-timnas-indonesia-vs-jepang-di-masa-lalu-nomor-1-garuda-hantam-samurai-biru-7-1-22orQT5FV1.jpg 3 Kemenangan Timnas Indonesia vs Jepang di Masa Lalu. (Foto: Istimewa)

3 kemenangan Timnas Indonesia vs Jepang di masa lalu akan dibahas Okezone di artikel ini. Siapa sangka Timnas Indonesia pernah tampil sangat kuat sampai mampu mengalahkan negeri Samurai Biru.

Nama Timnas Jepang saat ini tengah ramai dibicarakan. Sebab kemenangan Jepang atas Jerman pada pertandingan Grup E Piala Dunia 2022 sangat mengejutkan hingga menarik perhatian dunia.

Di balik hebatnya Timnas Jepang, ternyata dahulu mereka juga pernah merasakan kekalahan pahit saat berjumpa Timnas Indonesia. Kala itu, Timnas Indonesia masih berada dibawah jajahan Belanda dengan nama Hindia Belanda.

Lantas, seberapa hebat Timnas Indonesia hingga mampu mengalahkan Jepang?

Berikut 3 kemenangan Timnas Indonesia vs Jepang di masa lalu:

3. Asian Games 1954

Asian Games 1954

Timnas Jepang lagi-lagi harus bertekuk lutut atas Timnas Indonesia pada Asian Games 1954. Indonesia bergabung dalam Grup C bersama India dan Jepang. Nasib Timnas Indonesia terlihat sangat beruntung pada laga yang diselenggarakan di Manila itu.

Indonesia menjadi juara grup setelah menang dua pertandingan. Timnas Indonesia menang dari Jepang dengan skor 5-3 dan menang dari India 4-0. Gol kemenangan Indonesia atas Jepang dibukukan oleh Tee San Liong, Djamiat Dhalhar, dan Ramang.

Sayang pada babak semifinal, Timnas Indonesia tumban 2-4 dari Taiwan. Lalu di perebutan peringkat ketiga, skuad Garuda kembali kalah 4-5 dari Myanmar.

2. Turnamen HUT Kota Jakarta 1974

Timnas Indonesia juga pernah mengalahkan Timnas Jepang pada Turnamen HUT Jakarta pada tahun 1974. Turnamen ini diadakan di Indonesia dari tahun 1970 sampai 1981.

Indonesia mampu membukukan skor 3-0 atas Jepang. Sayangnya, Indonesia tidak dapat menempati posisi pertama dalam ajang tersebut. Kemenangan diambil alih oleh Myanmar.

3. Far Eastern Championship Games pada 1934

Hindia Belanda

Far Eastern Championship Games merupakan ajang sepakbola bagi negara-negara Asia kecil. Melalui ajang tersebut, Indonesia yang kala itu bernama Hindia Belanda mampu mengalahkan Jepang pada 1934.

Hindia Belanda mampu membawa pulang kemenangan 7-1 atas Jepang. Hanya ada empat negara saja yang bertanding di turnamen tersebut, yaitu Cina, Jepang, Filipina, dan Hindia Belanda.

Walau menang atas Jepang, Hindia Belanda harus kalah dua kali dari Cina dan Filipina. Kendati demikian, Hindia Belanda menduduki peringkat kedua pada ajang tersebut.

Demikian 3 kemenangan Timnas Indonesia vs Jepang di masa lalu. Semoga dapat menambah informasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini