Share

Daichi Kamada, Daizen Maeda, Takefusa Kubo hingga Takehiro Tomiyasu Ramai Dibahas Kelar Laga Jerman vs Jepang

Ramdani Bur, Okezone · Kamis 24 November 2022 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713760 daichi-kamada-daizen-maeda-takefusa-kubo-hingga-takehiro-tomiyasu-ramai-dibahas-kelar-laga-jerman-vs-jepang-pra8n1mfqA.jpg Daichi Kamada (15), pemain termahal Jepang di Piala Dunia 2022. (Foto: REUTERS)

DAICHI Kamada, Daizen Maeda, Takefusa Kubo hingga Takehiro Tomiyasu turun saat Jepang menang 2-1 atas Jerman di matchday pertama Grup E Piala Dunia 2022, Rabu 23 November 2022 malam WIB. Meski tidak mencetak gol, nama-nama di atas trending di Indonesia. Kok bisa?

Semalam, Jepang asuhan Hajime Moriyasu meraih kemenangan luar biasa atas Jerman. Sempat tertinggal 0-1 dari Jerman via eksekusi penalti Ilkay Gundogan pada menit 33, skuad Samurai Biru –julukan Jepang– tidak patah arang.

Jerman vs Jepang

(Jepang menang 2-1 atas Jerman)

Di babak kedua, Jepang mencetak dua gol via aksi Ritsu Doan pada menit 75 dan Takuma Asano (83’). Namun, kelar pertandingan bukan Ritsu Doan dan Takuma Asano, personel Jepang yang menjadi perbincangan netizen Indonesia di media sosial.

Nama pertama yang ramai dibicarakan adalah gelandang serang Timnas Jepang, Daichi Kamada. Gelandang milik Eintracht Frankfurt ini muncul sebagai motor serangan Timnas Jepang.

Menjadi andalan klub sebesar Frankfurt mendongkrak harga pasar Daichi Kamada. Ia saat ini memiliki harga pasar 30 juta euro atau sekira Rp488,9 miliar. Nominal itu merupakan yang tertinggi ketimbang personel Jepang lain di Piala Dunia 2022.

Nama selanjutnya adalah Daizen Maeda. Daizen Maeda merupakan bomber Timnas Jepang yang kini berseragam Celtic FC. Ia ramai dibicarakan karena memiliki nama layaknya orang Jepang yang membantu Indonesia memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945, yakni Laksamana Maeda.

Laksamana Maeda saat itu mempersilakan Ir. Soekarno dan lain-lain merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia di kediamannya yang berada di Jalan Imam Bonjol, nomor 1 Jakarta Pusat.

Daizen Maeda

(Daizen Maeda (bawah) saat berduel dengan Joshua Kimmich)

Kemudian ada Takefusa Kubo. Berpengalaman membela tim junior Barcelona dan sempat berseragam skuad senior Real Madrid, Lionel Messi-nya Jepang ini digadang-gadang bakal jadi andalan Jepang di Piala Dunia 2022.

Namun, jauh panggang dari api, Kubo tampil standar saat Jepang menang 2-1 atas Jepang. Laman statisitik Whoscored hanya memberi angka 5,9 kepada Kubo. Angka itu merupakan yang terburuk ketimbang pemain mana pun yang turun di laga Jerman vs Jepang.

Terakhir ada Takehiro Tomiyasu. Meski berstatus pemain Arsenal, Tomiyasu gagal merebut posisi inti di area fullback kanan Timnas Jepang. Ia kalah bersaing dari Hiroki Sakai.

Selanjutnya, Jepang akan menghadapi Kosta Rika di matchday kedua Grup E Piala Dunia 2022 pada Minggu, 27 November 2022 pukul 17.00 WIB. Jika menang atas Kosta Rika, Jepang hampir pasti lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini