Share

Ini Pesan dari Gaya Foto Tutup Mulut Timnas Jerman saat Hadapi Jepang di Piala Dunia 2022

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Kamis 24 November 2022 00:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 24 51 2713637 ini-pesan-dari-gaya-foto-tutup-mulut-timnas-jerman-saat-hadapi-jepang-di-piala-dunia-2022-QXR8uYPgmc.jpg Timnas Jerman lakukan gestur tutup mulut saat sesi foto sebelum melawan Jepang di Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter/DFB_Team)

DOHA – Gaya tutup mulut yang dilakukan para pemain Tim Nasional (Timnas) Jerman sebelum melawan Jepang di laga penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 menarik perhatian banyak pihak. Ternyata, gerakan itu merupakan bentuk protes Timnas Jerman karena larangan menggunakan ban kapten One Love yang mendukung gerakan LGBTQ+.

Pada sesi foto dilakukan, para pemain Timnas Jerman kompak menutup mulut mereka dengan tangan kanan. Gestur tersebut jelas terbilang unik karena jarang ada tim yang melakukan foto dengan gaya seperti itu.

Setelah aksi Timnas Jerman itu, banyak pihak yang penasaran, apa sebenarnya arti dari gestur tutup mulut tersebut. Timnas Jerman melalui akun resminya menjelaskan arti pose foto sebelum laga menghadapi Jepang.

Gerakan tutup mulut Timnas Jerman di sesi foto sebelum lawan Jepang

Ternyata, Timnas Jerman melakukan hal tersebut sebagai protes atas hak asasi manusia yang dibungkam.

"Kami ingin menggunakan ban kapten kami untuk mempertahankan nilai-nilai yang kami pegang di tim nasional Jerman. Keragaman dan saling menghormati. Bersama bangsa lain, kami ingin suara kami didengar,” bunyi pernyataan Timnas Jerman dilansir dari twitter resmi DFB_Team, Kamis (24/11/2022).

"Ini bukan tentang membuat pernyataan politik. Hak asasi manusia tidak dapat dinegosiasikan. Itu harus diterima begitu saja, tetapi tetap saja tidak demikian,” tambah pernyataan pihak Timnas Jerman.

β€œItulah mengapa pesan ini sangat penting bagi kami. Menolak ban kapten kami sama dengan menolak suara kami. Kami berdiri dengan posisi kami,” imbuh pernyataan tersebut.

Terlepas dari gerakan menutup mulut, Jerman nyatanya gagal meraih hasil positif di laga tersebut. Sebab Jerman kalah 1-2 dari Jepang.

Gerakan tutup mulut Timnas Jerman di sesi foto sebelum lawan Jepang

Bermain di Stadion Internasional Khalifa, pada Rabu 23 November 2022 malam WIB, Jerman sempat unggul terlebih dahulu melalui Ilkay Gundogan (33'). Namun Samurai Biru -julukan Timnas Jepang- berhasil membalas dua gol melalui Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83').

Β 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini