Share

4 Penyebab Timnas Prancis Bakal Kesulitan Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia, Nomor 1 Pengaruhi Permainan Les Bleus

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Selasa 22 November 2022 07:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 22 51 2712181 4-penyebab-timnas-prancis-bakal-kesulitan-pertahankan-gelar-juara-piala-dunia-nomor-1-pengaruhi-permainan-les-bleus-euC1ymYBQb.JPG 4 Penyebab Timnas Prancis Bakal Kesulitan Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia. (Foto: Reuters)

4 penyebab Timnas Prancis bakal kesulitan pertahankan gelar juara Piala Dunia akan dibahas Okezone di artikel ini. Seperti yang diketahui, Prancis menjadi salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia 2022 lantaran berstatus sebagai juara bertahan.

Prancis mampu memenangkan Piala Dunia 2018 setelah tampil apik di sepanjang turnamen yang digelar di Rusia tersebut. Pada partai final, Prancis menang 4-2 atas Kroasia dan sukses merebut gelar kedua mereka di ajang sepakbola empat tahunan tersebut.

Kendati demikian, peluang Prancis untuk kembali juara di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar bisa dikatakan tak terlalu besar. Sebab ada berbagai faktor yang membuat tim asuhan Didier Deschamps itu diragukan mampu juara di Piala Dunia edisi ke-22 tersebut. Lantas apa saja alasannya?

Berikut 4 Penyebab Timnas Prancis Bakal Kesulitan Pertahankan Gelar Juara Piala Dunia

4. Kutukan Juara Bertahan

Timnas Prancis

Sejak Piala Dunia 2010, tak ada lagi tim juara bertahan yang mampu mempertahankan gelar juara. Bahkan semuanya gugur di fase grup. Bila diingat, kala itu Timnas Italia yang mampu keluar sebagai juara Piala Dunia 2006, langsung gugur di fase grup pada edisi 2010.

Setelah itu, Spanyol dan Jerman mengikuti jejak Italia, yang langsung gugur di Piala Dunia edisi selanjutnya setelah mereka juara. Lantas akankah Prancis akan merasakan kutukan tersebut?

Pada Piala Dunia 2022, Prancis tergabung di Grup D bersama Denmark, Tunisia, dan Australia. Jika melihat lawan-lawan tersebut, seharusnya Les Bleus bisa lolos ke babak 16 besar.

3. Taktik Didier Deschamps yang Tak Efektif Lagi

Didier Deschamps

Nasib Didier Deschamps akan ditentukan dengan sejauh mana Prancis bisa melangkah di Piala Dunia 2022. Jabatannya sebagai pelatih Timnas Prancis saat ini sedang dalam bahaya lantaran dinilai taktiknya yang sudah tak efektif.

Terbukti selama di UEFA Nations League 2022-2023, Prancis mengalami penampilan yang amat buruk. Prancis bahkan hampir degradasi ke Grup B karena hanya bisa meraih satu kemenangan dari enam laga yang dimainkan.

2. Tim-Tim Lawan Lebih Kuat

Timnas Brasil

Brasil dan Argentina digadang-gadang sebagai kandidat terkuat juara Piala Dunia 2022. Sebab dari komposisi pemain, kedua negara Latin itu menjadi yang paling lengkap dan menakutkan.

Bangkitnya Brasil dan Argentina membuat Prancis perlu waspada. Sebab mereka bisa saja gagal juara di Piala Dunia 2022 lantaran kalah dari salah satu negara tersebut.

1. Banyak Pemain Kunci yang Absen

Karim Benzema

Skuad Prancis yang dibawa ke Qatar bisa dikatakan kurang sempurna. Sebab beberapa pemain kunci yang mampu membawa Prancis juara di Piala Dunia 2018 justru absen di edisi 2022 ini.

Sebut saja NGolo Kante dan Paul Pogba, dua pivot yang berperan penting di lini tengah Prancis. Belum lagi Blaise Matudi, Samuel Umtiti, NabilF Fekir, dan beberapa pemain lainnya yang tak dibawa ke Qatar.

Selain itu, di lini depan Prancis juga kehilangan Karim Benzema. Striker Real Madrid itu memastikan diri pergi dari skuad Prancis untuk Piala Dunia 2022 lantaran kondisinya yang tidak fit.

Dengan tanpa adanya Benzema yang sedang gacor. Prancis jelas kehilangan salah satu mesin golnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini