Share

5 Klub Eropa yang Pernah Dibela Luis Suarez, Nomor 1 Paling Berkesan

Zseztar Juvendhitama, Okezone · Sabtu 12 November 2022 06:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 11 51 2705938 5-klub-eropa-yang-pernah-dibela-luis-suarez-nomor-1-paling-berkesan-9OwzXRsZqq.jpg Berikut 5 klub Eropa yang pernah dibela Luis Suarez (Foto: Reuters)

ADA 5 klub Eropa yang pernah dibela Luis Suarez menarik untuk dikulik. Luis Suarez merupakan salah satu pemain berkebangsaan Uruguay yang sukses di daratan Eropa.

Namun, jelang usia pensiunnya, Luis Suarez akhirnya kembali ke tim masa kecilnya, Club Nacional. Di sana ia berhasil juara Liga Uruguay.

Meski memiliki kesan mannis di pengujung usia pensiunnya, Luis Suarez ternyata banyak menghabiskan waktu di Eropa. Di kancah klub Eropa, pemain 35 tahun ini sudah membela beberapa tim dan menyabet beragam prestasi. Lantas, tim Eropa apa saja yang pernah dibela Luis Suarez?

Berikut 5 klub Eropa yang pernah dibela Luis Suarez:

5. Atletico Madrid

Luis Suarez

5 klub Eropa yang pernah dibela Luis Suarez ada Atletico Madrid. Luis Suarez hijrah ke Atletico Madrid pada musim panas 2020. Luis Suarez bergabung dengan Atletico Madrid dengan klausul sebesar 9 juta euro atau sekira Rp140 miliar dari Barcelona.

Walaupun sudah tidak muda lagi, penampilan Luis Suarez di Atletico Madrid terbilang cukup moncer. Ia membela Los Rojiblancos (julukan Atletico Madrid) selama dua musim.

Bersama tim ibu kota, Luis Suarez sukses memainkan 83 pertandingan. Dengan penampilannya itu, Luis Suarez mencatatkan 34 gol dan 6 assist.

4. FC Groningen

Luis Suarez

Jauh sebelum berkelana ke Spanyol, Luis Suarez lebih dulu mentas di Belanda bersama FC Groningen. Ia menjadikan FC Groningen sebagai tempat memulai kariernya.

Luis Suarez bergabung dengan tim asal Belanda Eredivisie ini saat musim panas 2006. Kala itu, FC Groningen memboyong Luis Suarez dengan biaya sebesar 800 ribu euro atau sekitar Rp12,4 miliar untuk memboyong Luis Suarez dari Club Nacional.

Bersama tim Belanda ini, Luis Suarez hanya bermain selama satu musim. Selama membela FC Groningen, ia menyumbangkan 37 pertandingan dengan menorehkan 15 gol dan 7 assist.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Ajax Amsterdam

Luis Suarez

Performa Luis Suarez ketika masih muda sontak menarik perhatian tim elite Eredivisie lainnya, Ajax Amsterdam. Selama satu musim setelah Luis Suarez dikontrak FC Groningen, Ajax Amsterdam datang memboyongnya.

Ketika itu Luis Suarez masih terhitung muda. Ia diboyong Ajax Amsterdam dengan klausul sebesar 7,5 juta euro atau sekira Rp116,9 miliar. Saat berseragam Ajax Amsterdam ia menghabiskan waktu selama 3,5 musim sebelum akhirnya dilepas ke Liverpool.

Bersama tim ibukota Belanda tersebut, Luis Suarez sukses meraih gelar Eredivisie dan keluar sebagai top skor. Bagi torehan pribadi, Suarez sudah membela Ajax Amsterdam dalam 159 pertandingan dengan total torehan 111 gol dan 69 assist.

2. Liverpool

Luis Suarez

Setelah berkarier hebat di Eredivisie, Luis Suarez direkrut tim papan atas Inggris, Liverpool. Saat musim dingin 2011 lalu, Luis Suarez bergabung bersama tim berjuluk The Reds itu diboyong dengan klausul sebesar 26,5 juta euro atau sekira Rp413 miliar.

Biaya tersebut sesuai dengan performa Luis Suarez yang berhasil menyabet kesuksesan dengan Ajax Amsterdam. Permainannya yang impresif belum cukup untuk membantu Liverpool menyabet gelar bergengsi.

Luis Suarez sempat meraih gelar individu sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Inggris 2013-2014. Di Liverpool, Luis Suarez total bermain selama 133 pertandingan dengan menorehkan 82 gol dan 47 assist.

1. Barcelona

Luis Suarez

Urutan pertama klub Eropa yang pernah dibela Luis Suarez adalah Barcelona. Tim raksasa Spanyol ini merupakan tim paling lama yang pernah diperkuat Luis Suarez.

Selain itu, Barcelona juga menjadi bahan Luis Suarez menikmati keberhasilan kariernya. Ia pun cukup punya kesan baik selama berseragam Barcelona.

Luis Suarez hijrah ke Barca saat musim panas 2014 dengan klausul sebesar 81,7 juta euro atau sekira Rp1,2 triliun. Ia bertahan sampai musim panas 2020. Bersama Blaugrana (julukan Barcelona), Luis Suarez sukses menyabet banyak gelar.

Gelar tersebut di antaranya Piala Dunia Antarklub, Liga Spanyol, dan Liga Champions. Luis Suarez sukses mencatatkan 195 gol dan 113 assist dari total 283 pertandingan bersama Barcelona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini