Share

Kisah Iswadi Idris Pemain Timnas Indonesia Pertama yang Direkrut Tim Luar Negeri

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Kamis 10 November 2022 21:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 10 51 2705129 kisah-iswadi-idris-pemain-timnas-indonesia-pertama-yang-direkrut-tim-luar-negeri-QnepNCI6RX.jpg Iswadi Idris, pemain Timnas Indonesia pertama yang berkarier di luar negeri (Foto: persija.id)

KISAH Iswadi Idris pemain Timnas Indonesia pertama yang direkrut tim luar negeri menarik untuk dibahas. Pecinta sepak bola Indonesia perlu mengenal pemain legendaris yang satu ini.

Iswadi Idris merupakan pemain Timnas Indonesia pertama yang mendapat kesempatan bermain bersama tim luar negeri. Hal tersebut terjadi jauh sebelum Egy Maulana Vikri, Asnawi Mangkualam, atau Witan Sulaeman bermain di tim-tim luar seperti sekarang ini.

Witan Sulaeman

Lantas, bagaimana kisahnya? Begini kisah Iswadi Idris pemain Timnas Indonesia pertama yang direkrut tim luar negeri.

Kisah Iswadi Idris Pemain Timnas Indonesia Pertama yang Direkrut Tim Luar Negeri

Iswadi Idris merupakan pemain kenamaan yang aktif bermain di era 1960 hingga 1970an. Pria yang kerap disapa Si Boncel ini lahir di Banda Aceh, namun tubuh besar di Cikini.

Ia mendapatkan sapaan si Boncel karena posturnya hanya 165 cm. Meski demikian, Iswadi memiliki kemampuan yang apik dalam menggiring bola dan mencetak gol di lapangan hijau.

Si Boncel menjalani debutnya bersama Persija Jakarta. Bahkan di masa debutnya, pemain gelandang ini berhasil membawa Persija Jakarta ke urutan keempat dalam Kompetisi Perserikatan 1966.

Sejak saat itu, karier Iswadi Idris kian menanjak. Sejak 1966 hingga 1980 bersama Persija ia telah mengantongi 28 gol. Karena inilah namanya masuk ke dalam daftar pemain Timnas Indonesia. Bahkan, di Timnas Indonesia ia dan tiga rekannya dijuluki sebagai penyerang tercepat di Asia.

Follow Berita Okezone di Google News

Berkat kelihaiannya dalam bermain, Iswadi Idris dilirik oleh Mike Laing yang saat itu menjabat sebagai pelatih Western Suburbs Club (WSC), salah satu klub dari Australia yang bermain dikompetisi semiprofesional.

 Iswadi Idris

Kabarnya, Mike Laing tertarik pada Iswadi sejak ia mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 1974 di Australia. Sayangnya, di klub barunya Iswadi tidak bisa beradaptasi dengan baik sehingga hanya bisa bertahan semusim saja, yaitu pada 1974 hingga 1975.

Meski demikian, namanya tetap dikenang sebagai pemain sepak bola Indonesia pertama yang bisa mencicipi rumput luar negeri.

Iswadi sendiri memutuskan gantung sepatu pada 1980 dan sempat menekuni dunia kepelatihan. Ia juga sempat menduduki kursi pengurus PSSI sebelum meninggal pada 2008 karena sakit stroke.

Nah, itulah kisah Iswadi Idris pemain Timnas Indonesia pertama yang direkrut tim luar negeri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini