Share

Kilas Balik Piala Dunia 2002: Panggung Ronaldo Nazario Antar Timnas Brasil Berjaya

Reinaldy Darius, Okezone · Sabtu 05 November 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 51 2701361 kilas-balik-piala-dunia-2002-panggung-ronaldo-nazario-antar-timnas-brasil-berjaya-z630EboHU8.jpg Ronaldo Nazario jadi tokoh utama di balik kesuksesan Timnas Brasil menjuarai Piala Dunia 2002 (Foto: Twitter/FIFAWorldCup)

KILAS balik Piala Dunia 2022 akan dibahas di sini. Dalam turnamen yang diadakan di Korea Selatan dan Jepang tersebut, Timnas Brasil keluar sebagai juara berkat kegemilangan Ronaldo Nazario di sepanjang turnamen.

Ini adalah Piala Dunia perdana yang diadakan di Asia dan untuk pertama kalinya digelar di dua negara berbeda. Itu digelar di Korea Selatan dan Jepang pada tanggal 31 Mei hingga 30 Juni 2002.

Piala Dunia 2002

Timnas Brasil jumpa Jerman di partai final dalam partai final impian. Kedua negara terbilang memiliki kualitas yang setara, namun yang membedakan adalah Ronaldo Nazario, yang mencetak dua gol dalam partai puncak tersebut.

Diikuti oleh 32 negara, ini merupakan edisi ke-17 dari Piala Dunia. Tercipta banyak kejutan juga dalam pementasannya di tahun ini.

Jalannya Piala Dunia 2002

Senegal vs Prancis

Sejumlah kejutan sudah terjadi di babak grup. Timnas Prancis misalnya, yang berstatus sebagai juara bertahan namun sudah gugur di babak grup dengan menjadi juru kunci Grup A. Zinedine Zidane dan kolega kala itu kalah saing dari Denmark, Senegal, dan Uruguay.

Timnas Argentina juga secara mengejutkan gugur di babak grup. Mereka mengumpulkan empat poin dari tiga laga, namun finis ketiga di bawah Swedia dan Inggris yang masing-masing mengumpulkan lima poin di Grup F.

Di babak gugur, kejutan langsung tercipta ketika Timnas Italia yang bertabur bintang disingkirkan oleh tuan rumah Korea Selatan. Banyak hal kontroversial yang tercipta di sepanjang laga sebelum akhirnya Italia menyerah dengan skor 1-2.

Kejutan Korea Selatan berlanjut hingga semifinal setelah mengalahkan Spanyol di babak perempatfinal, pun dibumbui oleh berbagai situasi kontroversial di sepanjang laga. Kali ini, tim Negeri Ginseng tersebut menang lewat adu penalti.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, kejutan tim asuhan Guus Hiddink tersebut terhenti di tangan Jerman. Sebuah gol dari Michael Ballack pada menit ke-75 membuat Der Panzer – julukan Timnas Jerman – melenggang ke partai final.

Piala Dunia 2002

Sementara itu, Turki juga menciptakan kejutan dengan mencapai semifinal. Namun, mereka juga takluk dengan skor 0-1 ketika bersua Brasil akibat gol Ronaldo Nazario pada menit ke-75.

Jerman dan Brasil yang memang sudah menjadi unggulan di sepanjang turnamen bersua di partai final. Laga berlangsung ketat sebelum akhirnya dwigol Ronaldo Nazario pada menit ke-67 dan 79 mendefinisikan hasil 2-0.

Top Skor

Ronaldo Nazario

Selain menjadi penentu kemenangan Timnas Brasil di final, Ronaldo Nazario juga menggondol gelar top skor. Striker yang kala itu membela Inter Milan tersebut mencetak delapan gol di sepanjang turnamen.

Rekan senegaranya, Rivaldo, finis kedua dengan catatan lima gol diikuti oleh Miroslav Klose (Jerman) dengan torehan gol yang sama. Sedangkan Jon Dahl Tomasson (Denmark) dan Christian Vieri (Italia) finis di tempat berikutnya dengan masing-masing mencatatkan empat gol.

Data dan Fakta Piala Dunia 2002:

Piala Dunia 2002

Tuan Rumah: Korea Selatan dan Jepang

Jumlah Peserta: 32 tim dari 5 konfederasi

Venue: 20 stadion di 20 kota

Jumlah Laga yang Dimainkan: 64

Jumlah Gol yang Tercipta: 161 (2,52 per laga)

Jumlah Penonton: 2.705.198 (42.269 per laga)

Top Skor: Ronaldo Nazario

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini