Share

Penyebab Spanyol Akan Sahkan Undang-Undang Anti Gerard Pique

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Sabtu 05 November 2022 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 05 46 2701644 penyebab-spanyol-akan-sahkan-undang-undang-anti-gerard-pique-VndSi5BAsq.jpg Penyebab Spanyol akan sahkan undang-undang Gerard Pique (Foto: Instagram/@3gerardpique)

PENYEBAB Spanyol akan sahkan undang-undang (UU) anti Gerard Pique bakal dibahas dalam artikel ini. Adapun pengesahan UU tersebut merupakan buntut dari aktivitas komersial bek Barcelona tersebut yang diduga melibatkan Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF).

Melansir dari Sportskeeda, perusahaan milik Gerard Pique, Kosmos, terlibat dalam kesepakatan dengan presiden RFEF, Luis Rubiales untuk mengalihkan Piala Super Spanyol ke Arab Saudi. Hal tersebut diketahui dari surat kabar lokal Spanyol, El Confidencial.

Gerard Pique

Dalam laporan El Confidencial, mereka merilis pertukaran pesan suara WhatsApp antara Gerard Pique dan Luis Rubiales pada 2019. Di mana Luis Rubiales diduga bahwa Kosmos mengantongi 24 juta Euro sekira Rp375 miliar untuk negosiasi kontrak enam tahun.

Namun, antara keduanya tidak ada transfer dana. Melainkan ada hubungan dengan aliran dana kepada negara Arab Saudi, sehingga kesepakatan tersebut sah.

Sayangnya, laporan AS menyebut bahwa akan ada undang-undang yang melarang hal itu. Sebagaimana dinyatakan dalam pasal 47 UU itu, peraturan akan melarang setiap pemain aktif untuk terlibat secara komersial dengan kompetisi di mana mereka berpotensi berpartisipasi.


Undang-undang olahraga baru tersebut dikenal sebagai 'klausul anti-Pique' yang akan diperkenalkan oleh badan pengatur.

Adapun isi dari undang-undang tersebut adalah:

"Untuk organisasi kegiatan ini dan kompetisi olahraga resmi di tingkat negara bagian, tidak ada hubungan komersial yang dapat dilakukan dengan atlet aktif yang kemungkinan akan berpartisipasi di dalamnya."

Terkait hal itu, Gerard Pique membantah melakukan kesalahan atau mengantongi sejumlah uang tambahan melalui kesepakatan itu. Bek Barcelona itu menyatakan bahwa kesepakatan itu sepenuhnya sah dan menyatakan hal berikut di aliran Twitch-nya.

Gerard Pique

“Semua yang kami lakukan adalah legal, saya akan mengekspose bagian saya dalam konflik kepentingan, saya ingin menunjukkan wajah saya karena tidak ada yang saya sembunyikan,” ucap Gerard Pique dikutip dari Sportskeeda.

“Saya bangga dengan apa yang kami lakukan di Kosmos. Kami ingin mengubah format kompetisi dan membuatnya lebih menarik bagi penonton. Itu berdampak pada pendapatan. Presiden, Luis Rubiales, sangat menyukai ide itu," terang bek berusia 35 tahun itu.

“Komisinya? Di dunia yang kita tinggali, relatif normal. Itu bergerak antara 10 dan 15 persen dan kami percaya itu sejalan dengan apa yang dibebankan lembaga untuk melakukan manajemen jenis ini. Komisi itu sesuai dengan pasar,” tambahnya.

Untuk diketahui, Piala Super Spanyol telah berlangsung di Timur Tengah sejak 2020. Real Madrid, Real Betis, Barcelona, dan Valencia menjadi empat Klub besar Eropa yang turut mewarnai turnamen edisi 2023.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini