Share

Soal SUGBK Dipakai Konser Sebelum Piala Dunia U-20 2023, Menpora: Tidak Boleh!

Reinaldy Darius, Okezone · Kamis 03 November 2022 00:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 03 51 2699769 soal-sugbk-dipakai-konser-sebelum-piala-dunia-u-20-2023-menpora-tidak-boleh-AqrURi9ZZz.jpg Menpora Zainudin Amali tak perbolehkan SUGBK digunakan sebagai venue konser (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

SOAL SUGBK dipakai konser sebelum Piala Dunia U-20 2023, Menpora tidak memperbolehkannya. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengutamakan turnamen sepakbola yang akan diadakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) disetujui FIFA untuk menjadi salah satu stadion yang digunakan pada Piala Dunia U-20 2023. Mengacu kepada standar mereka, maka SUGBK dan seluruh stadion yang didaftarkan seharusnya steril hingga turnamen Piala Dunia U-20 2023 digelar.

Stadion GBK

Oleh karena itu, menanggapi potensi penggunaan SUGBK sebagai venue konser, hal itu pun ditentang oleh Menpora. Hal ini sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (3/11/2022).

“Itu (konser) pasti tidak boleh. Jadi semua stadion yang sudah terdaftar di FIFA dan disetujui FIFA, November ini akan dimulai direnovasi. Yang sudah selesai (renovasi), stadionnya tidak diizinkan untuk digunakan untuk kegiatan-kegiatan lain,” ucap Zainudin di Wisma Kemenpora, Jakarta, Rabu.

“Kan GBK punya negara, tinggal ngomong saja ke Mensekneg (Menteri Sekretaris Negara),” kata dia.

Zainudin juga menyatakan akan berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait waktu mulai renovasi.

Ia memastikan apabila sudah memasuki tahap renovasi maka stadion tersebut sudah pasti tidak bisa digunakan untuk kegiatan apa pun, termasuk konser dan pertandingan tim nasional.

Kebijakan serupa juga berlaku untuk lima stadion utama lainnya yang akan digunakan sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20 2023.

Zainudin akan menyosialisasikan lagi kepada pemerintah daerah agar stadion-stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2023 tidak digunakan untuk kegiatan apa pun.

 BACA JUGA:Pencinta Sepakbola Tanah Air Dukung Pemain Naturalisasi Bela Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023

“Saya bisa memastikan itu (konser) tidak mungkin (digelar). Kami sudah memberikan kesediaan ke FIFA bahwa Jakarta itu stadion utama yang digunakan untuk Piala Dunia U-20,” tandas Zainudin.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain SUGBK, lima stadion yang juga sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 adalah Stadion Jakabaring Palembang, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Bali.

 Stadion GBK

Sederet agenda konser sudah menanti tahun depan, salah satunya konser girl band Korea Selatan, Blackpink.

Pihak promotor Blackpink telah menyatakan bahwa konser bertajuk Blackpink “Born Pink” itu akan digelar di Stadium Utama GBK pada 11-12 Maret 2023. Penjualan tiket dibuka mulai 14 November mendatang.

Selain Blackpink, penyanyi solo Raisa juga dijadwalkan menggelar konser tunggal di SUGBK pada 25 Februari 2023.

Pihak GBK sendiri masih belum merespons larangan Menpora ini, sebagaimana yang diwartakan oleh Antara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini