Share

7 Klub Eropa yang Paling Irit dan Mampu Tampil Moncer di Musim 2022-2023, Nomor 1 Sukses Permalukan Bayern Munich

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Kamis 13 Oktober 2022 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 51 2686327 7-klub-eropa-yang-paling-irit-dan-mampu-tampil-moncer-di-musim-2022-2023-nomor-1-sukses-permalukan-bayern-munich-Pv9us2Xr9p.JPG 7 Klub Eropa yang Paling Irit dan Mampu Tampil Moncer di Musim 2022-2023. (Foto: Reuters)

7 Klub Eropa yang paling irit dan mampu tampil moncer di Musim 2022-2023 akan dibahas Okezone di artikel ini. Dalam bursa transfer musim panas 2022 lalu ada beberapa klub Benua Biru yang tampak melakukan terobosan dengan merombak skuadnya.

Tak sedikit klub yang rela merogoh kocek dalam di bursa transfer musim panas 2022. Salah satunya Chelsea yang rela menghabiskan Rp4,9 Triliun untuk memboyong pemain-pemain hebat.

Dibalik itu, ada beberapa klub yang justru tak terlalu banyak merombak skuadnya dan lebih sedikit mengeluarkan uang dalam bursa transfer musim panas kemarin. Meski begitu klub tersebut tetap dapat tampil moncer di musim ini.

Lantas, klub Eropa mana saja yang paling irit dan mampu tampil moncer di musim 2022-2023? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan okezone berikut ini.

Berikut 7 Klub Eropa yang Paling Irit dan Mampu Tampil Moncer di Musim 2022-2023:

7. Real Betis

Real Betis

Real Betis menjadi klub paling hemat di Liga Spanyol pada bursa transfer musim panas 2022. Bagaimana tidak, klub yang di komandoi oleh Manuel Pellegrini ini hanya mengeluarkan uang sebesar Rp312,87 miliar untuk menebus pembelian Willian Jose dan Luiz Henrique.

Meski minin pengeluaran, tak membuat tim yang bermarkas di Estadio Benito Villamarin ini tertinggal dari klub Spanyol lainnya. Bahkan, Béticos Verdiblancos mampu bercokol di posisi kelima klasemen sementara Liga Spanyol 2022-2023.

6. SC Freiburg

SC Freiburg

SC Freiburg berhasil menduduki posisi kedua di klasemen sementara Liga Jerman 2022-2023. Keberhasilannya ini pun ternyata tak didasari dengan pengeluaran uang mereka di bursa transfer musim panas lalu.

Bagaimana tidak, di musim panas 2022 lalu Breisgau-Brasilianer hanya menggelontorkan uang sebesar Rp276,37 miliar.

Diketahui, klub bermarkas di Stade Europa-Park ini hanya membeli lima pemain baru. Dari kelimanya hanya Ritsu Doan, Daniel-Kofi Kyereh, dan Merlin Röhl yang membuat SC Freiburg mengeluarkan uang.

Follow Berita Okezone di Google News

5. AS Roma

AS Roma

Klub raksasa Italia satu ini ternyata melakukan penghematan secara besar-besaran di bursa transfer musim panas 2022. Klub berjuluk I Giallorossi ini sukses mendatangkan tujuh pemain yang totalnya hanya dibanderol sebesar Rp147,74 miliar.

Bagaimana tidak, mayoritas pemainnya datang dengan status bebas transfer. Kendati demikian, Roma sukses duduk di posisi enam klasemen sementara Liga Italia 2022-2023.

4. SC Braga

SC Braga menjadi salah satu klub besar Portugal yang melakukan penghematan. Klub asal Kota Braga ini hanya mengeluarkan uang sebesar Rp78,22 miliar untuk memboyong 6 pemain.

Sepanjang 2022-2023 ini, klub berjuluk Os Arcebispos itu berhasil tampil baik di kompetisi domestik dan sukses bercokol di posisi ketiga klasemen Liga Portugal.

3. Union Saint Gilloise

Union Saint

Union Saint Gilloise satu-satunya klub besar Belgia dengan pengeluaran paling hemat. Klub berjuluk Les Unionistes ini hanya menggelontorkan dana sebesar Rp39,63 miliar untuk mendatangkan 2 pemain.

Berhasil tampil mengesankan, performa anak asuh Karel Geraerts masih terus dipertahankan. Hal ini terbukti dengan bercokolnya Union Saint Gilloise di peringkat keempat Liga Belgia dan sukses melibas seluruh lawannya di Liga Europa, dengan menduduki puncak klasemen sementara Grup D.

2. Athletic Bilbao

Athletic Bilbao

Athletic Bilbao dapat dikatakan sebagai klub paling hemat di Spanyol, atau bahkan di Eropa. Sebab, di musim panas 2022, klub berjuluk Los Leones ini sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk pembelian pemain.

Bagaimana tidak, mayoritas pemainnya didatangkan dari akademi. Meski demikian, klub asal Kota Bilbao ini berhasil duduk di posisi ketiga klasemen sementara LaLiga di bawah Barcelona dan Real Madrid.

1. Union Berlin

Union Berlin

Tampil apik di Liga Jerman, klub yang menduduki posisi pertama di klasemen sementara Bundesliga ternyata juga hemat, yakni Union Bedrlin. Tim yang berjuluk Die Eisernen ini hanya mengucurkan uang sebesar Rp34,65 miliar untuk pembelian 3 pemain.

Meskipun cukup hemat, klub asal Berlin Timur ini rupanya mampu tampil lebih perkasa dibanding musim lalu. Union Berlin kini memimpin Liga Jerman 2022-2023 dengan koleksi 20 poin, atau unggul empat angka atas Bayern Munich yang berada di peringkat ketiga.

Secara materi pemain, Bayern jelas lebih mahal ketimbang Union Berlin. Namun nyatanya saat ini Union Berlin memiliki peringkat yang lebih baik ketimbang tim berjuluk The Bavarians tersebut.

Itulah 7 klub Eropa yang paling irit dan mampu tampil moncer di musim 2022-2023. Semoga bermanfaat!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini