Share

6 Ketua PSSI Paling Kontroversial, Nomor 1 Jadi Incaran Netizen!

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Selasa 11 Oktober 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 49 2684506 6-ketua-pssi-paling-kontroversial-nomor-1-jadi-incaran-netizen-Yk8wMoOnVY.jpg Berikut 6 Ketua PSSI paling kontroversial (Foto: PSSI)

SEBANYAK 6 Ketua PSSI paling kontroversial akan dibahas dalam artikel ini. Beberapa waktu belakangan, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) sedang jadi omongan publik Tanah Air.

Bagaimana tidak, tragedi Kanjuruhan, yang menewaskan ratusan korban, menjadi sorotan dunia. Tak ayal, PSSI dituntut harus bertanggung jawab atas hal itu.

Akan tetapi, jauh sebelum kontroversi yang terjadi saat ini, sejumlah Ketua Umum PSSI pun pernah dianggap melakukan hal yang kontroversial. Lantas, siapa saja Ketua Umum PSSI yang dimaksud?

Berikut 6 Ketua PSSI Paling kontroversial sepanjang sejarah:

6. Joko Driyono (2019)

Joko Driyono

Nama Joko Driyono termuat dalam catatan organisasi PSSI sebagai ketua umum untuk menggantikan Edy Rahmayadi. Ia menjadi sorotan publik atas dugaan pengaturan skor yang diusut oleh Satgas Anti-Mafia Bola, padahal saat itu Joko Driyono belum ada sebulan menduduki kursi Ketum PSSI.

Sebelumnya, pada 2014 Joko Driyono sempat menuai kontroversi saat kompetisi di Indonesia terpecah menjadi dua. Ia pun menggabungkan dualisme liga di Indonesia antara LPI (Liga Primer Indonesia) dengan (LSI) Liga Super Indonesia.

5. Edy Rahmayadi (2016-2019)

Edy Rahmayadi

Pria yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sumatera Utara ini pernah menduduki kursi Ketum PSSI sejak 2016. Namun pada 2019 ia lengser dari jabatan tersebut.

Selama menjabat sebagai Ketum PSSI, Edy Rahmayadi sempat menulai banyak kontroversi. Seperti ucapan yang ia lontarkan untuk Evan Dimas dan Ilham Udin Armaiyn yang kala itu merantau ke klub Malaysia, Selangor FC.

Edy Rahmayadi mengatakan jika keputusan dua pemain Timnas Indonesia itu tak nasionalis. Mereka dianggap mengkhianti negara.

Bukan hanya itu saja, Edy Rahmayadi juga pernah terekam kamera, menampar seorang suporter. Hal itu terjadi di laga PSMS Medan vs Persela Lamongan di Stadion Teladan, Medan, pada 21 September 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Djohar Arifin Husin (2011-2015)

Djohar Arifin

Kemudian, Ketua PSSI paling kontroversial berikutnya adalah Djohar Arifin Husin. Pasalnya, Djohar Arifin merombak habis format kompetisi profesional. Dari ISL (Indonesai Super League) menjadi IPL (Indonesia Primer League).

Keputusan tersebut tentunya ditolak oleh sebagian besar klub-klub anggota PSSI. Karena inilah PSSI terbelah menjadi dua kubu. Sejumlah anggota Exco PSSI membentuk KPSI (Komite Penyelamat Sepak Bola Indonesia) sebagai organisasi tandingan PSSI.

Karena konflik yang makin memanas, Pemerintah RI melalui Kemenpora turuntangan untuk menyelesaikan konflik tersebut. Alih-alih terselesaikan dengan baik, PSSI malah kena sanksi FIFA karena Pemerintah Indonesia ikut campur dalam hal organisasi sepakbola.

3. Nurdin Halid (2003-2011)

Nurdin Halid

Mantan Ketum PSSI yang menjabat pada 2013 ini menjelma menjadi sosok kontroversial saat dirinya terjerat kasus yang menyebabkan dirinya masuk ke dalam penjara. Meski mendekam di balik jeruji besi, Nurdin Halid tak mau melepas jabatannnya sebagai Ketum PSSI.

Ia bahkan tetap memaksa menjalankan organisasi tersebut di balik penjara. Tak hanya masyarakat yang mendesak Nurdin Halid untuk mundur, Jusuf Kalla (saat itu menjabat sebagai Wakil Presiden RI), Agum Gumelar (Ketum KONI), dan FIFA juga melayangkan kritik tajam dan mendesaknya untuk mundur.

Akan tetapi Nurdin Halid tetap bersikukuh tak ingin turun jabatan. Sejumlah kasus pun kian mencuat di tubuh PSSI. Karena inilah Nurdin Halid jadi musuh bersama di sepakbola Indonesia.

2. Azwar Anas (1991-1999)

Azwar Anas

Meski sempat melakukan inovasi dengan menggabungkan kompetisi Galatama dengan Perserikatan pada 1995, namun kontroversi tak bisa dilepaskan dari sosok Azwar Anas. Salah satu kontroversi yang masing terngiang adalah pernyataan Endang Sobarna.

Endang Sobarna ynag saat itu menjabat sebagai Manajer Persikab Bandung mengatakan adanya permainan kotor dalam Liga Indonesia yang menjerat para wasit. Imbasnya, PSSI menghukum Wakil Ketua Umum Komisi Wasit PSSI dan 40 wasit menjadi terdakwa match fixing.

Selain itu, kasus Mursyid Effendi, yang dibekukan selamanya oleh FIFA. Tercatat kasus itu menjadi kontroversi tersendiri selama kepemimpinan PSSI di bawah Azwar Anas.

1. Mochammad Iriawan (2019-sekarang)

Mochamad Iriawan

Di urutan pertama Ketua PSSI paling kontroversial ada Mochamad Iriawan. Meski Timnas Indonesia di bawah era kepemimpinannya cukup menunjukkan proses signifikan, tetap saja perilakunya mengundang kontroversi publik.

Tak heran, pria yang akrab disapa Iwan Bule ini jadi salah satu sosok yang paling diburu oleh netizen. Sebab, perliakunya yang kontroversi kerap menarik perhatian warganet. Terbaru, perihal tragedi Kanjuruhan, yang merenggut ratusan korban jiwa.

Para warganet menuntut Mochamad Iriawan untuk mundur sebagai tanggung jawab moral karena tragedi tersebut. Sebab sebelumnya, ia melepas tanggung jawab perihal kejadian itu.

Demikian 6 Ketua PSSI paling kontroversial.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini