Share

Tragedi di Stadion Kanjuruhan: Erick Thohir Bertemu Presiden FIFA, Bahas Perbaikan Sepakbola Indonesia

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Rabu 05 Oktober 2022 22:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 49 2681475 tragedi-di-stadion-kanjuruhan-erick-thohir-bertemu-presiden-fifa-bahas-perbaikan-sepakbola-indonesia-XXKDsAOOn0.jpg Erick Thohir bertemu Presiden FIFA, Gianni Infantino, usai terjadinya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan. (Foto: Instagram/@erickthohir)

DOHA – Menteri BUMN RI, Erick Thohir, bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, di Doha, Qatar, pada Rabu (5/10/2022). Dalam pertemuan itu, Erick Thohir membahas soal perbaikan sepakbola Indonesia bersama Presiden FIFA usai terjadinya tragedi berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 1 Oktober 2022.

Seperti diketahui, tragedi yang terjadi pada 1 Oktober 2022 usai laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 mendapat sorotan dunia. Tak terkecuali, federasi tertinggi sepakbola dunia, yakni FIFA.

Tragedi di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan

FIFA pun memberi perhatian kepada tragedi yang menewaskan 125 korban jiwa itu. Selain itu, FIFA juga memberi dukungan untuk kemajuan sepakbola Indonesia ke depannya.

“Selain menyampaikan belasungkawa atas kejadian di Kanjuruhan, kami juga membahas banyak hal untuk kemajuan sepakbola di masa depan, khususnya di Indonesia,” ucap Erick kepada awak media.

BACA JUGA: Hubungi Presiden FIFA untuk Bahas Tragedi Kanjuruhan, Jokowi Pasrah jika Indonesia Terkena Sanksi

“Mengingat potensi, popularitas, dan perkembangan sepakbola di Indonesia, serta dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang konstan, pasar yang besar, dan kondisi sosial politik yang stabil, organisasi sepakbola internasional juga siap memberikan dukungan maksimal,” lanjutnya.

BACA JUGA: Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-17 Bisa Terkena Imbas dari Insiden Stadion Kanjuruhan

“Hal ini dilakukan agar sepakbola yang merupakan olahraga paling populer dan dicintai di Indonesia dapat menjadi kebanggaan bangsa dan salah satu pilar yang berkontribusi bagi kemajuan bangsa,” jelas Erick Thohir.

Selain itu, Erick menyampaikan Infantino juga memberi salam kepada Presiden RI, Joko Widodo. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo sudah menghubungi langsung Infantino.

Dalam perbincangan itu, Jokowi menceritakan tentang tragedi Kanjuruhan. Tak hanyaa itu, mereka juga berdiskusi mengenai gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang rencananya digelar di Indonesia.

Tragedi di laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan

Presiden Jokowi menegaskan tidak akan mencampuri keputusan FIFA imbas tragedi ini. Jokowi juga menyerahkan apa pun keputusan FIFA meski harus diberi sanksi sekalipun.

“Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan salam dan surat khusus dari Presiden Joko Widodo kepada Presiden FIFA, Gianni Infantino,” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini