Share

Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia U-17 Bisa Terkena Imbas dari Insiden Stadion Kanjuruhan

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Rabu 05 Oktober 2022 06:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 51 2680819 media-vietnam-sebut-timnas-indonesia-u-17-bisa-terkena-imbas-dari-insiden-stadion-kanjuruhan-gH79Bq6nLU.jpeg Timnas Indonesia U-17 bisa gagal tampil di Piala Asia U-17 2023 jika FIFA jatuhi sanksi kepada PSSI. (Foto: PSSI)

MEDIA Vietnam, The Thao 247, menyebut Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-17 tidak bisa terlalu bahagia usai menang 14-0 atas Guam di laga Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Sebab insiden Stadion Kanjuruhan bisa memberikan dampak buruk kepada pasukan Bima Sakti tersebut, yakni tak bisa tampil di Piala Asia U-17 2023 meski lolos dari kualifikasi.

Seperti yang diketahui, saat ini Timnas Indonesia U-17 memang sedang berjuang untuk memperebutkan tiket ke Piala Asia U-17 2023. Tergabung di Grup B, Garuda Asia bersaing melawan Guam, Malaysia, Palestina, dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pada penampilan pertamanya, Arkhan Kaka dan kawan-kawan pun sukses menang dengan skor telak 14-0 dengan kondisi tanpa penonton. Tentu itu adalah awal yang baik, namun, media Vietnam tersebut merasa perjuangan tim asuhan Bima Sakti nanti bisa sia-sia.

FIFA kibarkan bendera setengah tiang untuk hormati korban kerusuhan Arema vs Persebaya

Pasalnya saat ini Indonesia sedang dipantau oleh FIFA usai tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 125 orang. Insiden berdarah yang terjadi pascalaga Arema FC vs Persebaya Surabaya di pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 pada Sabtu 1 Oktober 2022 itu memang menjadi perhatian dunia saat ini.

Tragedi yang berawal dari masuknya Aremania ke dalam lapangan Stadion Kanjuruhan karena kecewa dengan kekalahan 2-3 Arema dari Persebaya itu, membuat petugas keamanan bertindak tegas. Pihak kepolisian lantas melepaskan gas air mata kepada suporter, termasuk yang berada di tribun.

Karena gas air mata tersebut, suporter panik dan mencoba keluar dari stadion. Namun, berbagai insiden terjadi, seperti pintu keluar yang masih ditutup hingga saling berdesakkan membuat banyak yang terinjak-injak hingga kehabisan nafas.

Akibatnya, 125 orang dinyatakan meninggal dunia dan banyak yang mengalami luka-luka. Penggunaan gas air mata pun diduga menjadi penyebab utama insiden berdarah itu bisa terjadi.

Padahal, FIFA sudah melarang penggunaan gas air mata di pertandingan sepakbola. Karena ada pelanggaran itu, ada peluang FIFA akan menjatuhkan sanksi kepada PSSI.

Andai hukuman itu diberikan, maka Timnas Indonesia U-17 berpotensi tak bisa mengikuti turnamen apa pun, termasuk Piala Asia U-17 2023. Jadi, karena itulah The Thao 247 merasa perjuangan Timnas Indonesia U-17 bisa sia-sia jika berhasil lolos dari kualifikasi.

Jokowi minta Liga 1 Dihentikan

“Dalam waktu dekat, Timnas Indonesia U-17 akan memainkan semua pertandingan di Kualifikasi Piala Asia U-17 Asia tanpa penonton. Namun, jika lolos dari babak kualifikasi, Timnas Indonesia U-17 kemungkinan tidak akan bisa lolos ke babak final,” ungkap media Vietnam, The Thao 247, Rabu (5/10/2022).

“Karena kemungkinan akan mendapat sanksi dari FIFA. Saat ini, Federasi Sepakbola Dunia itu sedang menunggu insiden tersebut untuk diselidiki, dan kemudian ada hukuman resmi untuk sepakbola Indonesia,” tutup media tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini