Share

Selain Kritik Operator Liga 1 Usai Tragedi Kanjuruhan, Marc Klok Turut Ajak Suporter di Indonesia Berbenah

Andhika Khoirul Huda, MNC Portal · Rabu 05 Oktober 2022 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 49 2680955 selain-kritik-operator-liga-1-usai-tragedi-kanjuruhan-marc-klok-turut-ajak-suporter-di-indonesia-berbenah-ueU0sTx9d9.jpg Tak cuma kritik operator Liga 1, Marc Klok turut ajak suporter di Indonesia berbenah

SELAIN kritik operator Liga 1 usai Tragedi Kanjuruhan, Marc Klok turut ajak suporter di Indonesia berbenah akan dibahas pada artikel ini. Gelandang andalan Persib Bandung, Marc Klok memberikan kritikan kepada operator Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Selain memberikan kritik, gelandang naturalisasi itu juga mengajak para suporter di segala penjuru Indonesia untuk mengevaluasi agar insiden mengerikan itu tidak lagi terulang. Seperti diketahui, pada Sabtu, 1 Oktober 2022 lalu, kericuhan terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, setelah Arema FC dibekuk sang rival bebuyutan, Persebaya Surabaya, dengan skor 2-3.

Begitu peluit panjang dibunyikan, para Aremania masuk ke lapangan dengan niat untuk memberikan semangat kepada para pemain, tetapi ada pula yang melakukan perusakan. Untuk mengontrol masa, petugas keamanan pun melontarkan gas air mata, tetapi ada yang mengarah ke tribun penonton, yang sebenarnya bukanlah pusat keributan itu.

Alhasil, ribuan penonton pun panik dan berdesakan menuju pintu keluar yang aksesnya sangat terbatas Kondisi tersebut membuat banyak dari mereka mengalami sesak napas dan juga terinjak-injak oleh penonton lainnya.

BACA JUGA:Barcelona Kesulitan Kalahkan Inter Milan, Xavi Hernandez Akui Frustrasi

Selain itu, ada pula supporter Arema FC yang dihajar oleh petugas keamanan dengan cara yang brutal. Kericuhan itu pun akhirnya menelan korban jiwa sebanyak 125 orang dengan ratusan lainnya luka-luka.

Marc Klok pun mengkritik PT LIB selaku operator Liga 1 atas insiden mematikan di Kanjuruhan tersebut. Menurutnya, PT LIB wajib fokus melakukan pembenahan dari sistem manajemen pertandingan untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan semua orang yang hadir di stadion.

“Saya tidak ingin menyalahkan siapa-siapa, tapi menurut saya aspek yang harus menjadi fokus pembenahan adalah sistem manajemen pertandingan, terutama keselamatan dan keamanan, harus menjadi fokus,” kata Marc Klok di Instagram-nya, @marcklok, Selasa (4/10/2022).

Marc Klok

Lebih lanjut, gelandang Timnas Indonesia itu mengajak para supporter klub sepakbola Tanah Air untuk berbenah. Menurutnya, mereka harus bisa mengekspresikan semangat dan dukungan mereka dengan cara yang lebih baik dan bisa memandang para supporter lain, termasuk pemain dan ofisial tim sebagai manusia.

“Sepak bola adalah permainan, kita bisa menang, kita bisa kalah, kita bisa merayakan dan kita bisa menangis. Itulah keindahannya. Saya sedih bahwa gairah indah sepak bola di sini sering diterjemahkan ke dalam emosi yang tak terkendali dan invasi lapangan,” ujar pemain berdarah Belanda itu.

“Saya mengerti bahwa, dari sudut pandang penggemar, melihat niat dari tindakan ini memiliki niat baik; untuk memotivasi dan mendorong pemain secara langsung dan pribadi. Tapi menurut saya itu cara yang salah, apalagi jika tindakan tersebut memicu orang lain untuk melakukan hal yang sama,” tambahnya.

“Kita semua harus memiliki pola pikir dan melihat semua orang dalam pertandingan; mulai dari pemain, pelatih, ofisial pertandingan, hingga suporter sebagai manusia. Sehingga kita bisa benar-benar saling menghormati. Jadi kita dapat melihat bahwa mereka memiliki keluarga, teman, dan orang yang dicintai di rumah,” tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini