Share

Media Vietnam Soroti 3 Hukuman yang Mungkin Diterima Indonesia dari FIFA Imbas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Ramdani Bur, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 06:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 51 2680085 media-vietnam-soroti-3-hukuman-yang-mungkin-diterima-indonesia-dari-fifa-imbas-tragedi-stadion-kanjuruhan-Tp88qAt2Oj.JPG Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan kelar laga Arema FC vs Persebaya. (Foto: ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

MEDIA Vietnam, Soha.vn, menyoroti 3 hukuman yang mungkin diterima Indonesia dari FIFA imbas tragedi Stadion Kanjuruhan. Soha menilai Indonesia sangat dirugikan jika tiga hukuman ini benar-benar dijatuhkan FIFA.

Insiden memilukan terjadi kelar laga Arema FC vs Persebaya Surabaya pada Sabtu, 1 Oktober 2022 malam WIB. Turunnya sekira 3.000 suporter ke Arema FC ke lapangan Stadion Kanjuruhan memantik kerusuhan.

Liga 1 2022-2023

Singkat kata, sebanyak 125 orang meninggal dunia karena terinjak-injak suporter lain. Dalam sejarah kerusuhan sepakbola, insiden di atas merupakan yang terparah kedua di dunia.

Karena itu, FIFA bisa saja menjatuhkan hukuman kepada PSSI selaku induk federasi sepakbola di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, hukuman ekstrem bisa diterima PSSI.

“3 hukuman berat menanti sepakbola Indonesia setelah tragedi yang menewaskan 125 orang. Skenario terburuk yang mungkin terjadi adalah Indonesia dilarang menjadi tuan rumah turnamen hingga 8 tahun,” tulis Soha.

“Selain larangan menjadi tuan rumah selama dua tahun, hukuman kedua yang mungkin diterima adalah FIFA mencabut keanggotaan Indonesia. Jika hukuman ini diterapkan, Indonesia dilarang tampil di sejumlah ajang internasional,” lanjut Soha.

Arema FC vs Persebaya Surabaya

“Terakhir kemungkinan FIFA mencabut status Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tegas Soha.

Menarik menanti apa langkah bijaksana yang diambil FIFA. Harapannya keputusan yang diambil FIFA nanti menjadi pembelajaran bagi para pengampu sepakbola di Tanah Air.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini