Share

6 Skor Pertandingan Terbesar Sepanjang Sejarah Sepak Bola, Nomor 1 Sampai Ratusan!

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 51 2679992 6-skor-pertandingan-terbesar-sepanjang-sejarah-sepak-bola-nomor-1-sampai-ratusan-KzcN6RXPf6.jpg Timnas Australia pernah bikin rekor kemenangan besar (Foto: Instagram/socceroos)

MARI mengulas 6 skor pertandingan terbesar sepanjang sejarah sepak bola. Sebagai salah satu olahraga yang banyak diminati masyarakat di penjuru dunia, tentu sepak bola selalu menghadirkan kejutan yang tak terduga.

Salah satunya adalah skor pertandingan. Umumnya, skor yang tercetak dalam satu pertandingan dapat terhitung jari.

Sepak Bola

Namun, ada beberapa pertandingan yang mencetak skor tak terduga bahkan dapat disebut memecahkan rekor. Lantas, apa saja pertandingan dengan skor terbesar sepanjang sejarah sepak bola? Untuk mengetahuinya, simak rangkuman Okezone berikut ini.

Berikut 6 Skor Pertandingan Terbesar Sepanjang Sejarah Sepak Bola

6. Australia 31-0 Amerika Samoa

Timnas Australia

Dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2002 zona Oseania, Australia menang atas Amerika Samoa dengan skor 31-0. Sebelumnya, Negara Kangguru ini telah mencatatkan kemenangan 22-0 melawan Tonga.

Diketahui dalam laga yang dilaksanakan pada 11 April 2001 itu, Australia turun dengan mayoritas pemain lapis kedua. Sementara, Amerika Samoa hanya menurunkan satu dari 20 pemain senior lantaran masalah paspor. Archie Thompson sebagai bintang kemenangan Australia pada pertandingan ini mampu menciptakan 13 gol.

5. Dundee Harp 35-0 Aberdeen Rovers

Skotlandia

Di tahun yang sama, masih di ajang Piala Skotlandia. Dundee Harp berhasil kemenangan 35-0 melawan Aberdeen Rovers. Menariknya, hasil pertandingan ini hadir di waktu yang sama kala Arbroath menang 36-0 atas Bon Accord.

Sebelumnya, wasit yang memimpin jalannya pertandingan menghitung Dundee Harp mencetak 37 gol. Namun, Sekretaris Harp menilai jika wasit salah dalam melakukan perhitungan dan menghitung bahwa tim hanya memasukkan 35 gol.

Lantaran bingung, wasit yang memimpin jalannya pertandingan mengirimkan telegram ke Federasi Sepak Bola Skotlandia (SFA) yang berisi hasil pertandingan antara Dundee Harp melawan Aberdeen Rovers dengan skor 35-0.

4. Arbroath 36-0 Bon Accord

Skotlandia

Pada 1885, Arbroath berhasil menang atas Bon Accord di ronde pertama Piala Skotlandia yang berlangsung di Stadion Arbroath.

Arbroath menang 15-0 pada babak pertama dan menciptakan 21 gol pada babak kedua. John Petrie, Pemain Arbroath menciptakan 13 gol dan tercatat sebagai pencetak gol terbanyak dalam satu pertandingan di level klub.

3. Vanuatu 46-0 Mikronesia

Vanuatu

Dalam pertandingan bulan Juli 2015, dua negara kepulauan kecil di Samudera Pasifik ini mencatat rekor. Pertandingan antara Vanuatu dan Mikronesia ini diketahui hanya salah satu dari tiga kekalahan terbesar Mikronesia dan mungkin dalam sejarah kualifikasi Olimpiade.

Jean Kaltack yang berposisi sebagai penyerang tampil sebagai pencetak gol terbanyak Vanuatu. Tercatat, pemain 28 tahun ini menciptakan 16 gol bagi Vanuatu. Sementara, Mikronesia telah kebobolan 114 gol dalam tiga pertandingan terakhir mereka kala itu.

2. Akurba FC 79-0 Plateau United Feeders

Nigeria

Catatan gol mencengangkan di divisi keempat terjadi di Liga Nigeria pada 2012. Ya, kala itu Plateau United Feeders berhasil mengalahkan Akurba FC dengan skor 79-0.

Sayangnya, pertandingan ini terbukti masuk dalam kasus skandal pengaturan skor. Federasi Sepak Bola Nigeria pun menghukum tim yang terlibat pada laga ini.

1. AS Adema 149-0 Stade Olympique de L'Emyrne

Timnas Madagaskar

Siapa sangka jika pertandingan satu ini tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai hasil laga terbesar. Ya, hal ini terjadi pada Liga Madagaskar pada 31 Oktober 2002.

Usut punya usut, Stade Olympique de L'Emyrne kabarnya sengaja mengalah dalam partai play-off. Sebab, di laga sebelumnya SOE merasa dikecewakan wasit sehingga kesempatan mengejar gelar pun pupus dan dipastikan Adema menjadi juara.

Beberapa penonton mengungkapkan jika para pemain SOE sengaja memasukkan bola ke dalam gawang sendiri setelah kick-off pertandingan. Tak hanya itu, para pemain SOE juga hanya terdiam dan membiarkan para pemain Adema mencetak gol ke gawang sendiri.

Itulah 6 skor pertandingan terbesar sepanjang sejarah sepak bola dunia yang salah satunya berhasil masuk rekor dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini