Share

Usai Rasakan Keganasan Timnas Indonesia, Pelatih Curacao Soroti Banyaknya Pemain Tanah Air yang Mimpi Berkarier di Eropa

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Jum'at 30 September 2022 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 51 2678323 usai-rasakan-keganasan-timnas-indonesia-pelatih-curacao-soroti-banyaknya-pemain-tanah-air-yang-mimpi-berkarier-di-eropa-5nqw9N6PJs.jpg Para pemain Timnas Indonesia yang tampil di FIFA Matchday September 2022. (Foto: PSSI)

JAKARTA – Pelatih Timnas Curacao, Remko Bicentini, mengomentari banyak pemain Tanah Air yang bermimpi berkarier di Eropa usai merasakan keganasan Timnas Indonesia di FIFA Matchday September 2022. Dia mengatakan bahwa untuk berkarier di Eropa, pemain bisa mengandalkan beberapa aspek, seperti relasi, bakat, dan juga memahami gaya bermain di kompetisi Benua Biru.

Ya, FIFA Matchday September 2022 sudah rampung digelar. Timnas Indonesia berhasil menyuguhkan kejutan untuk tim tamu berupa dua kali kemenangan, yakni dengan skor 3-2 di pertemuan pertama, dan dengan skor 2-1 di pertemuan kedua.

Timnas Indonesia vs Timnas Curacao

BACA JUGA: Media Malaysia Sebut Timnas Indonesia Akan Hadapi Ghana di FIFA Matchday Maret 2023

Bukan sekadar menang mengejutkan, para pemain Timnas Indonesia tentu harus mengambil banyak pelajaran dari para pemain Curacao. Sebab, pemain mereka banyak yang berkarier di level tertinggi.

BACA JUGA: 5 Kali Dibobol Timnas Indonesia, Kiper Curacao yang Bengong Lihat Lampu Flash dari Ponsel Dapat Janji dari sang Pelatih

Namun, pelatih Curacao, Remko Bicentini, menganggap bahwa banyaknya pemain yang berkarier di Eropa bukan sesuatu yang istimewa. Menurutnya, para pemainnya terbantu dari relasi orangtuanya yang banyak berasal dari Eropa.

"Kalau pemain kami, ya memang karena pemain kami lahir dari orangtua yang berasal dari Eropa, jadi tidak sulit bagi mereka untuk berangkat dan berkarier di sana," kata Bicentini, dikutip pada Jumat (30/9/2022).

Namun, menurut Bicentini, berkarier di Eropa tetaplah tidak semudah sekadar memiliki relasi. Arsitek asal Belanda itu mengatakan pemain harus lebih dulu sadar bahwa gaya bermain di Eropa sangat keras.

Timnas Indonesia vs Timnas Curacao

"Mereka (pemain Indonesia) memiliki peluang yang besar untuk berkarier di Eropa. Gaya permainan antara Eropa dan Indonesia berbeda, tetapi saya pikir mereka bisa bermain di Eropa," ujarnya.

"Tetapi, harus memahami terlebih dahulu gaya permainannya. Setiap kali di lapangan, pemain harus bertarung seperti laki-laki,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini