Share

Kisah Masal Bugduv, Pemain Hoax yang Membuat Arsenal Rugi

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Sabtu 01 Oktober 2022 05:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 30 51 2678294 kisah-masal-bugduv-pemain-hoax-yang-membuat-arsenal-rugi-NN1l166WLv.jpg Kisah Masal Bugduv pemain hoax yang memuat Arsenal rugi. (Foto: Reuters)

KISAH Masal Bugduv, pemain hoax yang membuat Arsenal rugi menarik untuk dibahas. Sebagai penggemar sepakbola, Anda mungkin tidak asing dengan Masal Bugduv.

Nama Masal Bugduv pernah menghebohkan jagat sepakbola dunia pada 2008. Bahkan, klub raksasa Inggris, Arsenal, sampai terkena dampak dari kemunculan Masal Bugduv.

Masal Bugduv

Lantas, siapa dia? Simak kisah Masal Bugduv, pemain hoax yang membuat Arsenal rugi.

Kisah Masal Bugduv, Pemain HOAX yang Membuat Arsenal Rugi

Nama Masal Bugduv pertama kali muncul dalam headline surat kabar yang ditulis oleh Declan Varley. Kemunculannya tepat ketika dunia sepakbola tengah sibuk mengurusi transfer pemain.

BACA JUGA: Kisah Sugimin Hidayatullah, Pesepakbola Misterius asal Indonesia yang Dikontrak Real Madrid

Dalam berita tersebut, dikisahkan Masal Bugduv merupakan seorang pemain sepakbola yang berasal dari Moldova. Ia saat itu merupakan pemain muda yang baru berusia 16 tahun. Meski masih muda, kemampuan bermain bola yang dimiliki Bugduv rupanya begitu apik.

Hal inilah yang kabarnya membuat Arsenal jatuh hati kepada Bugduv. Berita tersebut juga menyebutkan sosok Masal Bugduv nantinya bisa menjadi masa depan bagi klub Arsenal.

Tak lama setelah berita tersebut dirilis, banyak orang yang menyebarkan berita mengenai Masal Bugduv. Bahkan, namanya sempat disinggung oleh majalah The Times.

BACA JUGA: Kisah Greg Akcelrod, Pesepak Bola Gadungan yang Pura-Pura Jadi Pemain PSG dan Nyaris Dikontrak Tim UCL Senilai Rp9,88 Miliar

Majalah setenar The Times mengabarkan Arsenal tinggal selangkah lagi untuk mendapatkan Bugduv. Selain itu, banyak klub lain di Eropa yang sedang mengincar Bugduv.

Setelah dunia semakin heboh, Declan pada akhirnya membuat sebuah klarifikasi. Jurnalis kawakan asal Irlandia itu mengakui berita mengenai Masal Bugduv merupakan berita palsu atau hoax.

Rupanya, tokoh fiksi dan kisah mengenai Masal Bugduv ditulis oleh Declan sebagai sosial eksperimen. Tujuannya, mengetahui seberapa tinggi tingkat kesadaran para penggemar sepakbola terhadap berita palsu.

Dalam pembuatan kisah tersebut, Declan menghapus sumber asli dan menggunakan sumber anonim. Ia menggunakan Arsenal karena dirinya memang menyukai klub tersebut.

Dari berita palsu yang dibuat, Declan menyimpukan bahwa berita palsu atau hoax bisa tumbuh subur di kalangan pencinta sepakbola. Bahkan, media sekelas The Times pun ikut tertipu dengan berita ini.

Arsenal

Meski demikian, Declan tidak merasa bersalah atas hoax yang ia sebarkan. Sebab. tujuan awalnya memang untuk mengetahui kejelian media dan masyarakat dalam memahami sebuah berita. Padahal, klub Arsenal menanggung rugi atas berita-berita tersebut.

Demikian informasi mengenai kisah Masal Bugduv, pemain hoax yang membuat Arsenal rugi. Semoga bermanfaat!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini