Share

Liga Italia Segera Uji Coba Teknologi Baru untuk Deteksi Offisde, Serupa dengan yang Digunakan di Piala Dunia 2022

Ilham Sigit Pratama, MNC Portal · Kamis 29 September 2022 11:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 47 2677267 liga-italia-segera-uji-coba-teknologi-baru-untuk-deteksi-offisde-serupa-dengan-yang-digunakan-di-piala-dunia-2022-8vhhv1Sra0.jpg Liga Italia bakal uji coba teknologi baru untuk offside (Foto: Reuters)

LIGA Italia segera uji coba teknologi baru pendeteksi offside. Diketahui, teknologi itu serupa dengan yang diterapkan di Piala Dunia 2022.

Adapun rencana Federasi Sepakbola Italia (FIGC) menerapkan teknologi itu pada Liga Italia 2022-2023 musim ini. Hanya saja, rencana itu baru direalisasikan setelah Piala Dunia 2022, tepatnya pada Januari 2023 mendatang. 

Teknologi baru

(Ilustrasi teknologi baru di dunia sepakbola)

Harus diakui, teknologi memegang peranan penting untuk kemajuan sepakbola. Jika sebelumnya ada Video Assistant Referee (VAR) dan teknologi garis gawang, saat ini ada yang namanya alat pendeteksi offside.

Teknologi semi-otomatis offside ini nantinya sangat membantu wasit untuk mengambil keputusan, mengenai posisi pemain yang offside atau tidak. Sekadar informasi, teknologi ini direncanakan bakal digunkan di Piala Dunia 2022.

Untuk Piala Dunia 2022, nantinya teknologi akan ditunjang dengan 12 kamera yang bisa mendeteksi 29 titik data dari para pemain. Setelah itu, data akan otomatis terkirim dengan visualisasi video di ruang operasi ofisial pertandingan.

Nantinya, video itu akan menjadi dasar keputusan wasit. Meski terlihat rumit, hal itu diyakini bisa lebih akurat dalam mengambil keputusan.

Sementara itu, Liga Italia menjadi kompetisi domestik pertama yang akan menggunakan teknologi tersebut. Adanya rencana itu membuat Presiden FIGC, Gabriele Gravina mengatakan bahwa pihaknya saat ini masih menguji coba teknologi tersebut.

Juventus

Ia berharap penuh dengan teknologi itu. Serta ia sangat menunggu teknologi itu siap pakai pada awal tahun depan.

“Eksperimen akan dimulai pada hari teknologi Selasa depan, saya berharap itu bisa digunakan pada tanggal 4 Januari, ketika Piala Dunia sudah usai,” kata Gabriele Gravina dikutip Football Italia, Kamis (29/9/2022).

Selain soal perkembangan teknologi, wasit di Liga Italia memang menuai sorotan tajam belakangan ini. Hujan kritikan datang usai Juventus bermain imbang 2-2 dengan Salernitana dalam lanjutan Liga Italia 2022-2023.

Kala itu, gol Arkadiusz Milik dianulir karena dinilai offside. Padahal ada Antonio Candreva yang berada di sudut lapangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini