Share

5 Fakta Menarik Stadion JIS vs Pakansari, Nomor 1 Berkaitan dengan Fasilitas

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Rabu 28 September 2022 13:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 51 2676637 5-fakta-menarik-stadion-jis-vs-pakansari-nomor-1-berkaitan-dengan-fasilitas-0H4iphvo2P.jpg Berikut 5 fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari (Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA)

SEBANYAK 5 fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari akan diulas dalam artikel ini. Untuk diketahui, kedua stadion itu merupakan stadion kebanggaan masyarakat Indonesia.

Sebab, kedua stadion itu sama-sama pernah menggelar pertandingan level internasional. Namun, Jakarta International Stadium (JIS) dan Stadion Pakanasari sempat ramai diperbincangkan publik terkait venue FIFA Matchday September 2022 antara Timnas Indonesia vs Curacao.

Hanya saja pada akhirnya, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) lebih memilih Stadion Pakansari ketimbang JIS, untuk venue Timnas Indonesia vs Curacao. Terlepas dari itu pergunjingan itu, kedua stadion ini memilik fakta menarik, yang akan diulas dalam artikel ini. Lantas, apa saja fakta menariknya?

Berikut 5 fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari:

5. Kapasitas Stadion

JIS vs Pakansari

Fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari akan diulas dari sisi kapasitasnya lebih dulu. Jika dibandingkan, JIS tentu lebih unggul. Sebab, JIS sendiri diketahui memiliki kapasitas penonton hingga 82.000! Sementara Stadion Pakansari hanya memiliki daya tampung sekira 30.000 penonton.

Dengan kapasitas sebesar itu, JIS layak disandingkan dengan stadion internasional dari seluruh mancanegara. Apalagi, kapasita JIS sendiri diketahui sudah melebihi salah satu besar di Indonesia lainnya, yaitu Gelora Bung Karno, Jakarta, yang memiliki kapasita 78.000.

4. Momen Pertandingan

JIS vs Pakansari

Kemudian, fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari berikutnya adalah mengenai momen pertandingan. JIS pernah digunakan sebagai venue International Youth Championship (IYC) 2022.

Saat itu tim dari Spanyol, Atletico Madrid U-18 dan Barcelona U-18 turut menjajal stadion yang terletak di Jakarta Utara ini. Tak hanya itu saja, laga persahabatan Persija Jakarta vs Chonburi FC pada Juli 2022 lalu, juga diselenggarakan di stadion ini.

Di sisi lain, Stadion Pakansari juga tak kalah dari JIS. Stadion yang berlokasi di Cibinong, Kabupaten Bogor ini pernah menjadi venue bagi beberapa pertandingan. Seperti PON XIX Jawa Barat 2016 dan Piala AFF 2016.

3. Biaya Pembangunan

JIS vs Pakansari

Selanjutnya ada perbandingan antara JIS dan Pakansari. Salah satu yang paling mencolok adalah mengenai biaya pembangunan. Stadion Pakansari disebut menghabiskan anggaran pembangunan hingga Rp803 miliar.

Sementara itu, JIS menelan biaya yang lebih besar, yaitu Rp4,5 triliun. Dana sebesar itu didasarkan dari kapasitas, fasilitas, dan teknologi pembangunan yang lebih modern.

2. Waktu Pembangunan

JIS vs Pakansari

Dari sisi kapasitas antara JIS vs Pakansari sendiri sudah memiliki perbedaan yang mencolok. Tak heran bila secara waktu pembangunan, juga punya waktu yang cukup panjang.

Dilansir dari berbagai sumber pembangunan JIS dimulai pada 2019 hingga diresmikan pada 2022. Sementara itu, pembangunan Stadion Pakansari dimulai 2012-2014 atau satu tahun lebih cepat ketimbang JIS.

1. Fasilitas JIS vs Pakanasari

JIS vs Pakansari

Fakta menarik Stadion JIS vs Pakansari yang terakhir adalah mengenai fasilitas. Ya, soal ini JIS bisa dibilang lebih unggul ketimbang Stadion Pakansari.

Sebab, JIS memiliki fasilitas yang mengusung teknologi modern. Ditambah lagi fasilitas tersebut tergolong baru dan setara dengan stadion-stadion elite di Eropa.

Adapun fasilitas modern itu di antaranya, atap yang bisa dibuka dan ditutup. Kemudian, terdapat area jogging di area atas stadion, dan yang pasti rumput lapangan standar FIFA.

Sedangkan fasilitas yang dimiliki Stadion Pakansari antara lain lintasan lari di pinggir lapangan, ruang VIP, dan atap permanen yang mengelilingi tribune.

Demikian informasi mengenai 5 Fakta menarik JIS VS Pakansari.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini