Share

Lakukan Blunder Memalukan, Gareth Southgate Enggan Coret Harry Maguire dari Timnas Inggris

Rivan Nasri Rachman, Okezone · Selasa 27 September 2022 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 51 2675924 lakukan-blunder-memalukan-gareth-southgate-enggan-coret-harry-maguire-dari-timnas-inggris-nODUiAl1B6.JPG Harry Maguire lakukan blunder fatal di laga Inggris vs Jerman. (Foto: Reuters)

LONDON - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Inggris, Gareth Southgate menegaskan tidak akan mencoret Harry Maguire dan Nick Pope meski melakukan blunder memalukan saat timnya diimbangi 3-3 oleh Jerman. Menurut Southgate, saat ini mereka akan tetap mendukung Maguire dan Pope lantaran ia merasa kedua pemain itu penting untuk Timnas Inggris.

Ya, Maguire dan Pope bisa dikatakan menjadi penyebab Inggris cuma bisa imbang 3-3 kontra Jerman di laga pamungkas Grup A3 UEFA Nations League 2022-2023 pada Selasa (27/9/2022) malam WIB. Sebab kesalahan kedua itu membuat Inggris kebobolan.

Kesalahan yang dilakukan Maguire terhadap pemain Jerman, Jamal Musiala terjadi ketika skor masih 0-0. Pada saat itu, Maguire melanggar Musiala di dalam kotak penalti.

Timnas Inggris vs Jerman

Menurut laman The Athletic, penalti ini sendiri diberikan setelah penelusuran VAR terhadap tekel bek Manchester United yang terlambat dilakukan itu. Gara-gara tekel Maguire itu, Jerman pun berhasil unggul 0-1 usai Ilkay Gundogan mampu mengeksekusi penalti dengan baik.

Kesalahan Maguire itu lantas membuat fokus lini pertahanan Inggris buyar. Alhasil, Jerman kembali membobol gawang Inggris lewat gol yang diciptakan Kai Havertz di menit 67.

Beruntung Inggris mampu bangkit setelah laga memasuki menit 70. Luke Shaw, Mason Mount, dan Harry Kane bergantian mencetak gol dan membuat keadaan menjadi 3-2 untuk keunggulan Inggris.

Sayangnya, keunggulan Inggris itu hanya sementara. Sebab pada menit 87, Havertz kembali mencetak gol karena kesalahan yang dibuat Nick Pope.

Usai laga, blunder yang dilakukan Maguire lantas disebut-sebut menjadi penyebab Inggris gagal menang. Namun, Southgate justru menutup mata dan telinganya.

Timnas Inggris vs Jerman

Southgate tak mau menerima kritikan para netizen. Ia lebih memilih untuk tetap percaya kepada Maguire dan masih akan tetap mempercayainya di skuad Inggris. Sebab ia merasa bek Manchester United itu dapat tampil baik, terutama di laga-laga sebelumnya.

"Saya tahu semua orang fokus kepada Harry (Maguire), tetapi ada sejumlah momen sangat penting yang membuat Harry berjasa dalam dua pertandingan terakhir ini," kata Southgate melansir dari ANTARA, Selasa (27/9/2022).

"Memang akan selalu ada perdebatan, tetapi saya kira saat ini kami harus mendukung pemain-pemain kami yang paling bagus dan paling berpengalaman,” tutup Southgate.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini