Share

Timnas Indonesia Kalahkan Curacao yang Pernah Permalukan Vietnam hingga Qatar, Skuad Garuda Disebut King Asia!

Hakiki Tertiari , Okezone · Minggu 25 September 2022 21:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 25 51 2674697 timnas-indonesia-kalahkan-curacao-yang-pernah-permalukan-vietnam-hingga-qatar-skuad-garuda-disebut-king-asia-JkqqYCnxRO.jpg Timnas Indonesia disebut King Asia usai kalahkan Curacao 3-2 di FIFA Matchday September 2022 (Foto: PSSI)

TIMNAS Indonesia kalahkan Curacao yang pernah permalukan Vietnam hingga Qatar. Hal itu membuat skuad Garuda disebut King Asia oleh salah satu netizen di media sosial TikTok.

Dalam satu unggahan akun TikTok @bolaemyu82, ia memperlihatkan rekor pertemuan Curacao dengan tiga tim di Asia. Dari tiga laga melawan tim Asia, Curacao sukses mempemalukan mereka.

Akun TikTok

(Akun TikTok yang sebut Timnas Indonesia King Asia)

β€œSiapa king Asia yang sebenarnya diikuti emoji senyum,” tulis @bolaemyu82 dalam video yang diunggahnya.

Akan tetapi, tidak dengan Timnas Indonesia. Skuad Garuda justru berhasil menundukkan Curacao dengan skor 3-2 di FIFA Matchday, Sabtu 24 September 2022 malam WIB. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jawa Barat.

Kemenangan tim asuhan Shin Tae-yong itu jadi catatan sejarah bagi sepakbola dalam negeri, juga dunia. Bagaimana tidak, skuad Garuda, yang berada di peringkat 155 ranking FIFA (sebelum pertandingan) mampu menumbangkan Curacao, yang ada di posisi ke-84.

Bahkan, Timnas Indonesia bermain sangat lepas, meski secara ranking FIFA bak langit dan bumi. Bukan hanya itu, Marc Klok dkk seperti tak menghiraukan torehan mentereng Curacao, yang pernah mempermalukan sejumlah tim di kawasan Asia.

BACA JUGA:Hancurkan Curacao, Timnas Indonesia Disebut Bisa Imbangi Kosta Rika yang Diperkuat Keylor Navas

Sebagai informasi, jauh sebelum bersua Timnas Indonesia, Curacao pernah meladeni beberapa tim Asia. Sebut saja seperti Qatar, India, hingga Vietnam. Nama terakhir, merupakan rival utama Timnas Indonesia di kawasan Asia Tenggara.

Tim besutan Remko Bicentini itu pernah bersua Qatar pada FIFA Matchday 2017 silam. Ketika itu, Curacao menaklukkan Qatar dengan skor 2-1! Selain itu, Curacao juga pernah bertemu Vietnam dan India di turnamen Piala Raja 2019, yang berlangsung di Thailand.

Saat itu, Curacao mampu menggilas India dengan skor 3-1. Sementara ketika bersua Vietnam, Curacao berhasil mempermalukan Vietnam di final Piala Raja 2019. Mereka mengalahkan pasukan The Golden Star (julukan Timnas Vietnam) melalui adu penalti dengan skor 5-4, setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

Melihat kiprah Curacao, tak heran jika publik sepakbola akan lebih mengunggulkan Rangelo Janga dan kolega. Namun, skuad Garuda mampu membungkam itu semua.

Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mampu meladeni perlawanan Curacao. Meski sempat dikejutkan gol cepat Rangelo Janga pada menit ke-8, Timnas Indonesia justru mampu berbalik unggul 2-1, melalui gol Marc Klok (18’) dan Fachruddin Aryanto (22’).

Walaupun, Curacao mampu menjawab gol itu lewat sontekan Juninho Bacuna pada menit ke-25 untuk mengubah skor jadi 2-2. Akan tetapi, setelah turun minum babak pertama, Timnas Indonesia tidak drop!

Dimas Drajad jadi penentu kemenangan skuad Garuda setelah menerima umpan pendek dari Pratama Arhan, yang ia selesaikan dengan baik menggunakan tumitnya, pada menit ke-56. Alhasil, Timnas Indonesia menutup laga dengan kemenangan 3-2 atas Curacao.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia mendapat tambahan 7,14 poin. Itu turut mengatrol posisi skuad Garuda di ranking FIFA, yang naik tiga peringkat ke urutan 153.

Timnas Indonesia pun masih punya kans untuk menambah koleksi poinnya di ranking FIFA. Sebab, Timnas Indonesia akan kembali bersua Curacao di laga kedua FIFA Matchday pada Selasa 27 September 2022 malam WIB di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini