Share

Pengertian Pelatih dan Tugasnya di Sepak Bola

Salma Sita Rosulina, Okezone · Jum'at 16 September 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 51 2669101 pengertian-pelatih-dan-tugasnya-di-sepak-bola-yENiKpqNiU.JPG Xavi Hernandez, pelatih Barcelona (Foto: REUTERS)

PENGERTIAN pelatih dan tugasnya di sepak bola akan dijelaskan di sini. Sama halnya seperti pemain, pelatih adalah sosok yang wajib ada di sepak bola.

Pelatih adalah seorang yang berkompeten dalam cabang olahraga tertentu yang bertugas mempersiapkan fisik dan mental para atlet. Dalam permainan sepak bola pastinya selalu ada pelatih di pinggir lapangan yang selalu mengawasi serta mengarahkan para pemain agar main dengan baik.

Antonio Conte, pelatih Tottenham Hotspur

Seorang pelatih olahraga mempunyai tanggung jawab untuk menentukan jenis latihan seperti apa yang harus dijalani oleh para atletnya. Tentunya dalam sebuah pertandingan sepak bola, pelatih merupakan orang yang bertanggung jawab dalam menentukan taktik dan strategi, memilih komposisi pemain, dan tidak lupa untuk selalu memberikan motivasi kepada para pemain.

Selain itu, pelatih sepak bola juga orang yang bertanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan menyampaikan berbagai kegiatan serta program sepakbola yang sesuai bagi individu maupun tim.

Tugas dan peran pelatih dalam sepak bola yang pertama meliputi menyusun jadwal latihan setiap tim yang dibimbing olehnya. Selanjutnya, pelatih harus mengarahkan dan juga membimbing para pemain untuk meningkatkan kekuatan fisik, stamina, otot, dan sebagainya.

Kemudian, para pelatih juga wajib mengajarkan teknik dan taktik. Tak lupa pula memantau dan mengawasi atlet yang dilatih agar dapat meningkatkan kinerjanya.

 Erik Ten Hag, pelatih Manchester United

Setelah bertanding, pelatih berkewajiban mencari kekuatan dan kelemahan para atletnya. Di tengah pertandingan, pelatih bisa memberikan masukan, di luar lapangan bisa memberikan nasihat tentang gaya hidup sehat.

Pelatih juga bertugas untuk meningkatkan program latihan yang dibuat serta melaksanakan tugas administrasif.

Jika pemain cedera, maka pelatih patut memberikan masukan dan saran tentang perawatan dan juga pola hidup sehat. Kemudian untuk membantu mempromosikan grup dan juga mengembangkan olahraga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini