Share

7 Aturan Permainan Sepak Bola, Nomor 1 Cukup Umum

Salma Sita Rosulina, Okezone · Kamis 15 September 2022 22:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 15 51 2668541 7-aturan-permainan-sepak-bola-nomor-1-cukup-umum-AZPL3tNurw.jpg Berikut tujuh aturan permainan sepak bola (Foto: Reuters)

7 aturan permainan sepak bola, akan dibahas Okezone. Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak digemari di dunia. Karenanya, Sepak bola sering dimainkan dan dipertandingkan di kalangan manpun tanpa memandang usia.

Sepak bola dimainkan dengan cara menyepak atau menendang bola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan oleh dua tim yang setiap tim beranggotakan 11 orang. Tim dengan skor terbesar akan memenangkan pertandingan.

7 Aturan Permainan Sepak Bola

(Liverpool melawan Ajax Amsterdam, foto: Reuters)

Dalam pertandingan sepak bola terdapat peraturan yang diikuti oleh seluruh pemain. Peraturan tersebut dibuat dengan tujuan agar permainan dapat berjalan dengan rapi. Peraturan di dalam pertandingan sepak bola ditetapkan oleh organisasi resmi sepak bola dunia, yaitu International Football Asoosciation Board (IFAB). Berikut tujuh aturan permainan sepak bola:

7. Aturan Lama Permainan

Normalnya, pertandingan sepak bola berdurasi 2x45 menit dengan durasi istirahat 15 menit di kedua babak. Jika diperlukan perpanjangan waktu, maka durasi perpanjangan waktu adalah 2x15 menit. Apabila skor masih tetap sama, akan dilakukan adu penalti sampai salah satu tim mencetak gol paling banyak.

6. Kartu Kuning

Kartu kuning adalah peringatan ketika pemain melakukan tindakan yang menyalahi aturan. Jika pemain mendapatkan dua kartu kuning, maka pemain akan mendapatkan kartu merah sehingga harus keluar dari lapangan.

5. Kartu Merah

Kartu merah adalah peringatan bagi pemain yang melakukan pelanggaran keras dalam pertandingan. Jika pemain mendapatkan kartu merah, ia harus keluar dari lapangan.

4. Tendangan Bebas atau Free Kick

Aturan tendangan bebas atau free kick dalam sepak bola terbagi menjadi dua, yaitu tendangan bebas langsung dan tidak langsung. Tendangan bebas langsung merupakan tendangan bebas yang diarahkan langsung ke gawang tanpa menyentuh teman setim sebelumnya. Sementara itu, tendangan bebas tidak langsung adalah tendangan bebas yang harus menyentuh teman setim, baru kemudian ditembakkan ke gawang.

3. Tendangan Penalti

Tendangan penalti diberikan kepada tim yang pemainnya dilanggar di kotak penalti lawan. Selama proses tendangan penalti, para pemain lain harus berada di luar kotak penalti. Ketika tendangan penalti sudah dilakukan dan terjadi gol, permainan kembali berjalan seperti biasa. Akan tetapi, apabila tendangan penaltinya tidak masuk serta masih berada dalam wilayah permainan, kedua regu diperbolehkan merebut bolanya dan melanjutkan permainan.

Follow Berita Okezone di Google News

7 Aturan Permainan Sepak Bola

(Everton vs Liverpool, foto: Reuters)

2. Tendangan Sudut

Tendangan sudut dilakukan ketika bola terakhir disentuh oleh tim yang bertahan dan melewati garis gawang. Regu penyerang mendapatkan tendangan sudut.

1. Tendangan Gawang

Tendangan gawang dilakukan saat bola melewati garis gawang, tetapi yang terakhir menyentuh bola adalah pemain yang menyerang. Dalam melakukan tendangan gawang, bola harus ditendang dari ujung kotak gawang, yaitu kotak kecil di dalam area penalti.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini