Share

Media Vietnam Beri Kabar Gembira bagi Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022, Shin Tae-yong Sabet Gelar Perdana?

Quadiliba Al-Farabi, MNC Media · Rabu 17 Agustus 2022 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 51 2649452 media-vietnam-beri-kabar-gembira-bagi-timnas-indonesia-jelang-piala-aff-2022-shin-tae-yong-sabet-gelar-perdana-hrhjkZo2Nf.jpg Timnas Indonesia dapat kabar gembira dari Media Vietnam jelang Piala AFF 2022 (Foto: Instagram/@pssi)

MEDIA Vietnam beri kabar gembira bagi Timnas Indonesia jelang Piala AFF 2022. Adapun kabar tersebut tampaknya sangat menguntungkan bagi Timnas Indonesia.

Pasalnya, dalam laporan media Vietnam, The Thao 247, menyebutkan bahwa bintang Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai dikabarkan tidak bisa memperkuat negaranya di ajang Piala AFF 2022.

Media Vietnam

Hal itu tentu jadi menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia untuk bisa menjuarai turnamen yang digelar mulai 23 Desember 2022 sampai 15 Januari 2023 tersebut. Terlebih, jika berhasil juara ini bakal jadi gelar pertama bagi Shin Tae-yong selama menjadi juru taktik Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Nguyen Quong Hai kerap menjadi momok menakutkan untuk lini belakang skuad asuha Shin Tae-yong. Penyerang itu menunjukkan tajinya pada Piala AFF 2020 dan Kualifikasi Piala Dunia 2023 lalu.

Kehebatan Nguyen Quang Hai di ajang-ajang tersebut menarik perhatian klub-klub Eropa. Salah satunya yang berhasil mendapatkan jasa pemain 25 tahun itu yakni klub Prancis, Pau FC.

BACA JUGA:5 Pelatih yang Layak Gantikan Bima Sakti jika Naik Pangkat ke Timnas Indonesia U-19, Nomor 1 Adalah Asisten Shin Tae-yong

Namun bergabungnya Nguyen Quang Hai di klub tersebut justru menyulitkannya untuk membela Timnas Vietnam. Salah satunya adalah tak diizinkan untuk tampil di Piala AFF 2022.

Berdasarkan laman The Thao 247, klub tidak akan melepas Nguyen Quang Hai bergabung dengan Timnas Vietnam, kecuali bermain di laga yang menjadi bagian FIFA Matchday. Sementara Piala AFF bukan termasuk di antaranya.

Apalagi saat ini Pau FC masih berjuang di divisi kedua Liga Prancis 2022-2023 dan masih bermain normal setiap pekannya. Tentu ini adalah kerugian bagi klub maupun pemain yang bersangkutan. 

“Jika dia kembali ke Vietnam untuk menghadiri Piala AFF 2022, Nguyen Quang Hai mungkin akan melewatkan 5 pertandingan Pau FC. Sementara itu, ia berpeluang untuk terus diberikan posisi di tim. Ini adalah masalah yang harus dipertimbangkan Nguyen Quang Hai," tulis The Thao 247 dalam laporannya.

Nguyen Quang Hai

(Nguyen Quang Hai, pemain bintang Timnas Vietnam yang diragukan tampil di Piala AFF 2022)

Lebih lanjut, media itu juga mengklaim bahwa kehilangan Nguyen Quang Hai merupakan kerugian bagi Vietnam. Padahal mereka tengah mengincar juara Piala AFF 2022, yang saat ini dipegang oleh Thailand, sebagai juara bertahan.

Namun, Thailand ternyata juga mengalami situasi yang sama. Bintang mereka Chanathip Songkrasin baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa tidak akan menghadiri Piala AFF 2022 karena membutuhkan waktu untuk istirahat.

Di sisi lain, Nguyen Quang Hai hampir pasti akan hadir untuk pertandingan persahabatan internasional pada 17 September mendatang. Laga-laga ini merupakan FIFA Matchday sehingga klub bersedia melepasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini