Share

Kerendahan Hati Bima Sakti Usai Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF U-16 2022, sang Asisten Markus Horison Malah Jadi Sorotan

Hakiki Tertiari , Okezone · Senin 15 Agustus 2022 13:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 51 2648046 kerendahan-hati-bima-sakti-usai-timnas-indonesia-u-16-juara-piala-aff-u-16-2022-sang-asisten-markus-horison-malah-jadi-sorotan-vE32QangCv.jpg Kerendahan Bima Sakti usai bawa juara Timans Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022 (Foto: PSSI)

KEBERHASILAN Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022 menuai sorotan publik. Ya, di balik torehan manis Timnas Indonesia U-16 mengamankan gelar kedua juara Piala AFF U-16, ada satu hal yang membuat euforia tersebut cukup ternodai.

Hal yang dimaksud itu adalah soal ucapan asisten pelatih Timnas Indonesia U-16, Markus Horison, yang menjadi sorotan ketika hendak pengalungan medali. Eks kiper Timnas Indonesia itu diduga menyindir pelatih dan pemain keturunan, yang belum mampu memberikan gelar juara untuk Timnas Indonesia.

Markus Horison

Markus Horison dan salah satu staf pelatih, yang tidak diketahui namanya, mengucapkan kalimat satir. “Local pride, local pride!!!” ujar Markus Horison ke hadapan kamera televisi.

Kata-kata Markus Horison menimbulkan spekulasi warganet dan ditangkap sebagai sindiran terhadap program naturalisasi di level Timnas Indonesia U-19 dan senior. Beberapa yang lain berasumsi Markus Horsion menyindir Shin Tae-yong yang merupakan pelatih asing.

Selain itu, ucapan Markus Horison mendapat beragam komentar publik. Beberapa di antaranya menganggap hal tersebut mencederai gelar juara yang baru diraih oleh Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022.

“Mencederai kemenangan yang diperoleh dengan reaksi *berlebihan yang tidak perlu*. Ngapain ngomong begitu? Mau nunjukin apa? Gimana kita mau maju kalo mental asisten pelatih aja begitu. Si paling lokal,” tulis salah satu warganet di Twitter, yang mengetahui kabar tersebut.

Di sisi lain, tindakan Markus Horison itu justru bertolak belakang dengan pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Pria 46 tahun itu mengajak seluruh pasukan Garuda Asia untuk rendah hati dan tidak cepat puas atas torehan tersebut.

Timnas Indonesia U-16

“Seperti yang saya bilang, kita tidak boleh larut dalam euforia, tidak boleh sombong, angkuh, kita harus tetap rendah hati. Masih ada tanggung jawab kita, yaitu Kualifikasi Piala Asia U-17 pada Oktober,” ucap Bima Sakti ketika sesi konferensi pers usai laga final Piala AFF U-16 2022 silam.

Diketahui sebelumnya, Timnas Indonesia U-16 berhasil juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Nabil Asyura dan kolega unggul 1-0 atas Vietnam melalui gol Kafiatur Rizky (45+2’). Gelar itu merupakan titel kedua sepanjang kiprah Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini