Share

Profil Kim Do-hoon, Pelatih asal Korea Selatan Calon Kuat Juru Taktik Persib Bandung Selanjutnya

Hakiki Tertiari , Okezone · Minggu 14 Agustus 2022 09:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 49 2647474 profil-kim-do-hoon-pelatih-asal-korea-selatan-calon-kuat-juru-taktik-persib-bandung-selanjutnya-ySOmMpVUhB.jpg Kim Do-hoon santer dikaitkan dengan Persib Bandung (Foto: Reuters)

PROFIL Kim Do-hoon, pelatih Korea Selatan calon kuat juru taktik Persib Bandung bakal diulas dalam artikel ini. Ya, seperti diketahui sebelumnya, Persib Bandung baru saja dikenal pelatihnya Robert Rene Alberts, yang secara tiba-tiba mengundurkan diri dari kursi kepelatihan.

Mundurnya Robert Alberts dari Persib Bandung, diketahui lantaran tak lepas dari hasil evaluasi manajemen klub. Persib Bandung menuai hasil negatif selama tiga laga awal Liga 1 2022-2023.

Kim Do-hoon

Kosongnya kursi kepelatihan Persib Bandung, membuat tim berjuluk Maung Bandung itu harus berpikir keras untuk mencari pengganti Robert Alberts. Sebelumnya, ada tiga nama yang muncul kepermukaan.

Ketiga nama itu Vladimir Vujovic, Paul Munster dan Mario Gomez. Namun, belakangan ini ada satu nama lagi yang muncul. Ya dia adalah Kim Do-hoon. Lantas, siapa Kim Do-hoon?

Diketahui, Kim Do-hoon merupakan salah satu manajer asal Korea Selatan. Saat ini ia berstatus tanpa klub.

Sebelumnya, Kim Do-hoon sempat melatih klub Singapura, LC Sailors. Namun, pada awal Agustus 2022 ini, Kim Do-hoon dan LC Sailors resmi berpisah.

Ia menghabiskan waktu satu tahun di LC Sailors. Di sana, ia termasuk sukses. Bersama LC Sailors, Kim Do-hoon berhasil memberikan dua gelar juara.

Adapun gelar juara itu satu kali Liga Singapura 2020-2021 dan satu gelar Piala Super Singapura 2021-2022. Namun, jauh sebelum melancong ke Asia Tenggara, Kim Do-hoon lebih dulu berkarier di Korea Selatan.

Sebelum menjadi pelatih, Kim Do-hoon juga aktif sebagai pemain, Ia bermain di posisi striker. Dirinya lebih banyak berkarier di negaranya, Korea Selatan.

Kim Do-hoon

Selama berkarier sebagai pemain, Kim Do-hoon telah mencatat 72 penampilan dengan 30 gol bersama Timnas Korea Selatan dan pensiun sebagai pemain pada 2006.

Di negeri asalnya, pria kelahiran Gyeongma, 21 Juli 1970 itu memulai kariernya sebagai asisten pelatih Seongnam Ilhwa pada 2005. Kemudian, pada 2013, ia pindah klub ke Gangwon FC.

Kim Do-hoon juga pernah dipercaya memegang Timnas Korea Selatan U-20 (2014). Setelah itu, Kim Do-hoon mulai dipercaya jadi pelatih kepala pada 2015.

Klub pertamanya adalah Incheon United (2016-2020). Kemudian, ia pindah ke Ulsan Hyundai. Selama enam tahun, ia sudah pernah memberikan satu gelar juara Piala Korea Selatan (2016-2017) dan satu trofi Liga Champions Asia (2019-2020).

Lantas, apakaha Kim Do-hoon bakal mengikuti jejak Shin Tae-yong, pelatih Korea Selatan yang melatih Timnas Indonesia? Ya, sampai saat ini memang belum ada kabar pasti dari Persib Bandung terkait masa depan Kim Do-hoon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini