Share

5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB, Nomor 1 Peraih 7 Trofi Ballon dOr

Djanti Virantika, Okezone · Selasa 09 Agustus 2022 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 51 2644445 5-pemain-sepak-bola-yang-jadi-ambassador-badan-pbb-nomor-1-peraih-7-trofi-ballon-dor-rXNUBqdDY0.jpg Berikut 5 pemain sepak bola yang jadi ambassador badan PBB. (Foto: Reuters)

5 pemain sepak bola yang jadi ambassador Badan PBB menarik dikulik. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa mereka tak hanya fokus meniti karier di dunia olahraga, namun juga turut memberi perhatian lebih kepada lingkungan sosial demi membuat kehidupan lebih baik di dunia.

Ya, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kerap menjadikan tokoh tersohor di dunia sebagai ambassador. Tujuannya tentu saja agar program yang mereka gaungkan bisa lebih mudah diketahui dan diterima masyarakat dunia.

BACA JUGA: 5 Idol K-Pop yang Gemar Bermain Sepakbola, Nomor 1 Anak Eks Pemain Timnas Korsel

Sejumlah pesepakbola tersohor di dunia pun pernah ditunjuk menjadi goodwill ambassador. Siapa saja mereka? Berikut 5 pemain sepak bola yang jadi ambassador Badan PBB.

BACA JUGA: 5 Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Nomor 1 Pernah Bermain di Liga Indonesia

5. Alisson Becker

Alisson Becker

Di urutan kelima, ada nama penjaga gawang andalan Liverpool, Alisson Becker. Dia pernah menjadi goodwill ambassador untuk World Health Organization (WHO).

Penunjukan itu dilakukan pada 2019. Tak sendirian, Alisson ditemani sang istri, Natalia Loewe Becker untuk mengemban tugas sebagai goodwill ambassador WHO ini. Pasalnya, sang istri diketahui merupakan seorang dokter. Tugas pasutri ini pun menginfokan aktivitas fisik kepada anak-anak.

4. Marta Vieira da Silva

Marta

Kemudian, ada nama Marta Vieira da Silva. Dia merupakan pesepakbola wanita terhebat sepanjang masa yang berasal dari Brasil. Dia sudah mengukir berbagai catatan manis dalam karier sepakbolanya, termasuk memegang rekor gol terbanyak di sepakbola internasional Brasil, dengan 111 gol.

Dengan kiprahnya yang manis di dunia sepakbola, nama Marta Vieira da Silva pun begitu tersohor. Tak ayal, dia turut ditunjuk menjadi goodwill ambassador untuk beberapa badan di PBB. Pada 2010, dia menjadi goodwill ambassador untuk United Nations Development Programme (UNDP). Kemudian, pada 2018, dia menjadi goodwill ambassador untuk UN Women.

3. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Beralih ke posisi ketiga, ada eks kiper Juventus, Gianluigi Buffon. Tersohornya nama Buffon di dunia sepakbola, membuat PBB juga meliriknya untuk menjadi goodwill ambassador.

Buffon menjadi goodwill ambassador dari badan PBB, yakni World Food Programme (WFP) pada 2019. Dia bertugas menginfokan kepada masyarakat terkait masalah kelaparan yang melandar dunia. Alhasil, Buffon sampai berkeliling ke 83 negara untuk menjalankan tugasnya itu.

2. Alphonso Davies

Alphonso Davies

Lalu, ada Alphonso Davies. Dia merupakan bintang muda Bayern Munich. Di usia yang baru menginjak 21 tahun, kiprah manis dalam karier sepakbolanya, sudah berhasil diukir Davies.

Kondisi ini membuat Davies yang masih berusia muda sudah mendapat kepercayaan menjadi goodwill ambassador badan PBB. Dia menjadi bagian United Nations High Commissioner for Refugee (UNHCR) pada 2021. Tugas Davies di badan tersebut berkaitan dengan memberi bantuan dan keamanan bagi para pengungsi.

1. Lionel Messi

Lionel Messi

Terakhir, ada Lionel Messi. Penunjukan bintang Paris Saint-Germain (PSG) ini sebagai goodwill ambassador badan PBB tak mengejutkan. Sebab, Lionel Messi sudah mengukir karier luar biasa di dunia sepakbola sehingga namanya begitu tersohor.

La Pulga -julukan Lionel Messi- bahkan sudah mengoleksi 7 trofi Ballon dOr. Dengan kinerjanya yang masih terus berjalan ciamik sampai saat ini, Messi pun turut ditunjuk menjadi goodwill ambassador oleh United Nations Children's Fund (UNICEF) pada 2010. Messi pun memberi perhatian lebih khusus kepada anak-anak dunia dalam pekerjaannya di sana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini