Share

5 Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Nomor 1 Pernah Bermain di Liga Indonesia

Cita Zenitha, MNC Portal · Sabtu 09 Juli 2022 23:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 09 51 2626764 5-pemain-tertua-sepanjang-sejarah-piala-dunia-nomor-1-pernah-bermain-di-liga-indonesia-cyPoiOpX5E.jpg Berikut 5 pemain tertua sepanjang sejarah Piala Dunia (Foto: Reuters)

ADA 5 pemain tertua sepanjang sejarah Piala Dunia yang akan diulas dalam artikel ini. Seorang veteran atau pemain senior kerap kali masih dibutuhkan dalam sebuah tim, meski secara usia sudah tidak lagi muda.

Bahkan, pemain senior itu masih dipercaya untuk mentas di kompetisi selevel Piala Dunia! Meski terdengar aneh, tapi adanya pemain tua yang berlaga di Piala Dunia benar adanya.

Lantas, siapa saja pemain tertua sepanjang sejarah Piala Dunia? Berikut 5 pemain yang dimaksud itu:

5. Essam El Hadary (Mesir)

Essam El Hadary

Sampai saat ini, rekor pemain tertua yang mentas di Piala Dunia masih dipegang oleh Essam El Hadary. Ia meruapakan seorang pemain asal Timnas Mesir.

Ketika itu ia masih berusia 43 tahun 161 hari dan mentas di Piala Dunia 2018 Rusia. Meski pun hanya bermain satu kali, yaitu ketika melawan Arab Saudi, Essam El Hadary tetap tercatat melakoni caps bersama Timnas Mesir di Piala Dunia.

4. Faryd Mondragon (Kolombia)

Faryd Mondragon

Meski bukan kiper inti, ketika Timnas Kolombia mentas di Piala Dunia 2014, Faryd Mondragon tetap tercatat menjalani caps bersama Kolombia ketika itu. Sekadar informasi, saat itu, Faryd Mondragon berusia 43 tahun 3 hari.

Ia tampil di Piala Dunia 2014 saat Kolombia bertemu Jepang. Faryd Mondragon memperkuat Kolombia dan meraih kemenangan 4-1.

3. Pat Jennings (Irlandia Utara)

Pat Jenning sudah menghabiskan karier selama 22 tahun bersama Timnas Irlandia Utara. Ia tercatat sudah menjalani 119 caps turun sebagai penjaga gawang Irlandia Utara.

Pada Piala Dunia 1986, Pat Jennings pun diketahui masih bermain untuk Irlandia Utara. Hanya saja, ketika itu usainya sudah mulai beranjak senior. Dirinya pun saat itu menginjak usia 41 tahun. Sayangnya pertandingan itu menjadi momen terburuk di akhir karirnya sebab ia kebobolan 0-3 melawan Brazil.

2. Peter Shilton (Inggris)

Peter Shilton

Selama 20 tahun membela Timnas Inggris, akhirnya Peter Shilton memutuskan gantung sepatu. Piala Dunia 1990 tercatat sebagai ajang bergengsi terakhir yang ia jalani.

Ketika Piala Dunia 1990, Peter Shilton mengakhiri karirnya pada usia 40 tahun 9 bulan. Terakhir kali, Peter Shiton bermain untuk merebutkan peringkat ketiga melawan Italia dan kalah 1-2 dari tuan rumah.

1. Roger Milla (Kamerun)

Roger Milla

Tahun 1994, Roger milla membela Kamerun di Piala Dunia. Ketika itu, ia menginjak usia 42 tahun 39 hari. Selain di tahun 1994, Roger Milla turut membela Kamerun pada Piala Dunia tahun 1982 dan 1990.

Fakta menariknya, pemain legendaris Kamerun ini, diketahui pernah bermain di Liga Indonesia. Tercatat pada pengujung kariernya di tahun 1994-1996 ia membela dua klub Indonesia saat itu, yaitu Pelita Jaya dan Putra Samarinda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini