Share

5 Pengalaman Buruk Shin Tae-yong Selama Melatih Timnas Indonesia, Nomor 1 Ramai Disorot

Cita Zenitha, Jurnalis · Sabtu 06 Agustus 2022 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 05 51 2642898 5-pengalaman-buruk-shin-tae-yong-selama-melatih-timnas-indonesia-nomor-1-ramai-disorot-3fcyBMO9sc.jpg Berikut 5 pengalaman buruk Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia. (Foto: Instagram/@pssi)

5 pengalaman buruk Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia tidak akan pernah terlupakan olehnya. Pengalaman tersebut sangat membekas walau dirinya belum lama menjadi pelatih saat itu.

Shin Tae-yong sangat berjasa dalam memajukan dunia sepakbola Indonesia. Kendati demikian, jalannya tidak semulus seperti kelihatannya. Pada kualifikasi Piala Dunia 2022 Indonesia mampu menahan Thailand dengan skor imbang 2-2.

BACA JUGA: Gaya Thomas Doll vs Shin Tae-yong, Sama-Sama Dikenal Keras di Lapangan

Dari skor imbang tersebut, Indonesia malah mendapat kekalahan saat melawan Vietnam dengan skor telah jauh 0-4. Disusul kemudian, Indonesia kekalahan dengan Uni Emirat Arab 0-5. Selain pengalaman tersebut, ada lagi 5 pengalaman buruk Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

BACA JUGA: Media Vietnam Sebut Timnas Indonesia Calon Kuat Lawan Timnas Vietnam di FIFA Matchday September 2022

5 Pengalaman Buruk Shin Tae Yong Selama Melatih Timnas Indonesia

5. Terpapar Virus Covid-19

Shin Tae-yong

Coach Shin Tae-yong pernah dinyatakan terpapar virus Covid-19 pada 19 Maret 2021. Dia dirawat di High Care Unit (HCU) di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Sebelumnya, asistennya dan penerjemahnya terlebih dulu terpapar virus tersebut. Setelah dua hari berselang, Shi Tae-yong dinyatakan ikut terpapar virus Covid-19.

Asistennya yang lain, Lee Jae Hong, sangat khawatir akan kondisi kesehatan pelatih Timnas Indonesia tersebut. Sebab, Shin Tae-yong mengidap penyakit lain yaitu diabetes.

4. Dibatalkannya Piala Dunia U-20 2021

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong tampak melakukan pekerjaan yang sia-sia dalam melatih Timnas Indonesia sepanjang 2020. Sebab, Piala Dunia U-20 2021 harus dibatalkan. Ajang ini baru akan dilaksanakan pada 2023.

Padahal, Shin Tae-yong sudah melakukan pemusatan latihan di dua negara, yakni Thailand dan Kroasia, supaya pemain Indonesia dapat bermain dengan baik. Menurut pelatih berusia 51 tahun tersebut, fisik pemain Timnas Indonesia sangat kendur.

3. Terancam Dipecat dari PSSI

Shin Tae-yong

Pelatih Shin Tae-yong pernah mendapat teguran tegas dari Syarif Bastaman, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Timnas Indonesia. Syarif mengatakan bahwa pelatih Timnas Indonesia tersebut terlalu buka-bukaan kepada media Korea dan menempatkan dirinya sendiri sebagai korban.

Memang, saat itu kasus Covid-19 sedang marak-maraknya. Namun, Shin Tae-yong belum menyampaikan apa pun ke PSSI secara resmi, tapi sudah memberikan banyak statement ke media Korea Selatan.

2. Ditundanya SEA Games 2021

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong juga harus merasakan penundaan SEA Games 2021 karena terkendala Covid-19. Bahkan, kabar buruknya, ajang bergengsi tersebut tidak akan diselenggarakan.

Namun sebelumnya, Menpora Ri, Zainudin Amali, menargetkan sepakbola Indonesia bisa mendapat medali emas pada ajang tersebut. Shin Tae-yong sendiri tidak berjanji bisa membawa pulang medali emas karena kala itu menggelar latihan cukup sulit lantaran adanya pembatasan. Dia hanya bisa melakukan abdinya untuk Indonesia semaksimal mungkin.

1. Mendapat Serangan dari Indra Sjafri

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong pernah bentrok dengan Indra Sjafri, mantan pelatih Timnas Indonesia U-22, karena statementnya pada media Korea beberapa waktu lalu. Saat itu, Shin Tae-yong bercerita mengenai keinginan melakukan TC ke Korea Selatan akibat maraknya berita mengenai virus Covid-19.

Tak hanya itu, pelatih asal Korea Selatan itu juga sangat menyayangkan PSSI mengangkat Indra Sjafri menjadi Direktur Teknik PSS. Sebab menurut Shin Tae yong Indra Sjafri memiliki perilaku yang kurang sopan terlebih ketika menjabat sebagai asisten pelatih Timnas Indonesia U-19

Hal tersebut tentu mengundang kemarahan Indra Sjafri. Menurutnya, apa yang diungkapkan Shin Tae-yong adalah kebohongan dan sangat membuatnya tersinggung padahal hubungan keduanya sangat akur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini