Share

Pelatih Timnas Vietnam U-16 Ngamuk Cuma Menang 5-0 Lawan Filipina, Makin Panik Lihat Timnas Indonesia U-16 Menang 9-0!

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 04 Agustus 2022 12:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 04 51 2641887 pelatih-timnas-vietnam-u-16-ngamuk-cuma-menang-5-0-lawan-filipina-makin-panik-lihat-timnas-indonesia-u-16-menang-9-0-zovhqwljLJ.jpg Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, mengamuk timnya hanya menang 5-0 lawan Filipina di Piala AFF U-16 2022. (Foto: VFF)

PELATIH Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan, mengamuk setelah timnya menang 5-0 atas Timnas Filipina U-16 di matchday kedua Grup A Piala AFF U-16 2022, Rabu 3 Agustus 2022 sore WIB. Hal yang membuat kesal Nguyen Quoc Tuan karena Le Dinh Long Vu dan kawan-kawan dinilai bermain dengan kemauan yang rendah.

Dalam laga tersebut, gol-gol Vietnam dilesakkan Phan Than Duc Thien pada menit 38 dan 55, Le Dinh Long Vu (40โ€™) dan Hoang Cong Hau (57โ€™ dan 72โ€™). Nguyen Quoc Tuan melihat Vietnam sebenarnya bisa mencetak lebih banyak gol lagi.

Timnas Vietnam U-16

Sayangnya, para pemain Timnas Vietnam U-16 terkesan meremehkan ketika sudah unggul jauh. Alhasil, permainan mereka tak berkembang dan gagal mencetak gol lebih banyak lagi.

Padahal, selisih gol juga menentukan tim yang lolos ke babak selanjutnya. Benar, head-to-head menjadi tolok ukur utama penentuan ketika ada dua tim atau lebih memiliki poin sama.

Namun, jika head-to-head atau hasil sama kuat, selisih gol menjadi tolok ukur selanjutnya. Ambil contoh kondisi di Grup A Piala AFF U-16 2022. Saat ini, Timnas Indonesia U-16 asuhan Bima Sakti saat ini nyaman di puncak klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan enam angka setelah melalui dua pertandingan.

Sebenarnya, Timnas Vietnam U-16 yang duduk di posisi dua juga mengemas enam poin. Namun, Timnas Indonesia U-16 berhak menempati posisi yang lebih baik karena unggul selisih gol atas Vietnam, yakni +11 berbanding +9.

Melihat kondisi di atas, Timnas Indonesia U-16 hanya butuh hasil imbang saat bertemu Vietnam di laga pamungkas Grup A pada Sabtu 6 Agustus 2022 malam WIB, untuk memastikan lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022 sebagai juara grup.

Sekadar diketahui, untuk ke semifinal Piala AFF U-16 2022, hanya juara grup yang lolos otomatis (Grup A, B dan C). Sementara itu dari tiga grup, hanya satu runner-up terbaik yang diizinkan mentas di babak empat besar.

Timnas Vietnam U-16

Setelah dihitung-hitung atau membandingkan potensi runner-up dari Grup B dan C, penghuni Grup A (di antara Timnas Indonesia U-16 atau Vietnam) kemungkinan bakal keluar sebagai runner-up terbaik. Sebab, di Grup B dan C saat ini, tim runner-up-nya diprediksi takkan menembus barier enam poin. Jika menembus enam poin, selisih golnya takkan sedahsyat Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam.

Jika laga Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam berakhir imbang, koleksi poin Timnas Indonesia U-16 dan Vietnam sama-sama 7. Namun, skuad Garuda Asia berhak berada di puncak karena unggul selisih gol.

Timnas Indonesia U-16 akan menghadapi juara Grup C yang kemungkinan diisi Malaysia, Australia atau Myanmar. Sementara Vietnam bakal bertemu calon kuat juara Grup B, Thailand. Tentunya, Thailand merupakan lawan yang coba dihindari Vietnam.

โ€œDi laga melawan Filipina U-16 saya masih belum puas, khususnya masalah kedisplinan. Ketika Anda sudah unggul 4 atau 5 gol atas Filipina, ada baiknya Anda bermain sederhana, bukan malah lama-lama menggiring bola,โ€ kata Nguyen Quoc Tuan mengutip dari Soha.

โ€œBeberapa pemain bahkan memasuki lapangan dengan kemauan dan tekad yang rendah. Saya mengingatkan Anda (pemain) untuk segera berubah. Jika tak ingin karier kalian rusak, kalian harus berubah,โ€ tutup eks pelatih salah satu klub kasta teratas Liga Vietnam, HAGL.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini